Banjir Setinggi 1,5 Meter, Puluhan Warga Seluma Bengkulu Mengungsi

Demon Fajri, Okezone · Rabu 01 Januari 2020 02:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 340 2148014 banjir-setinggi-1-5-meter-puluhan-warga-seluma-bengkulu-mengungsi-hMxPGEOk58.jpg Banjir di Kabupaten Seluma Bengkulu (foto: ist)

BENGKULU - Puluhan Kepala Keluarga (KK) dari ratusan KK yang terdampak banjir di enam desa/kelurahan di Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, mengungsi ke tempat lebih tinggi dan aman.

Rumah mereka terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari 30 cm hingga 1,5 meter. Tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut. Namun, sejumlah warga masih terjebak banjir.

Banjir tersebut disebabkan meluapnya aliran Sungai Besak dan luapan air kolam atau tebat (tebat ratu) di tepi Jalinbar serta aliran Sungai Kungki Lunak di Km 48, Desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma.

''Ada masyarakat yang mengungsi dari berbagai desa yang terdampak. yang mengungsi sekira 50 kepala keluarga (KK),'' kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arben Muktiar melalui Kasi Kesiap-siagaan BPBD Seluma, Ade Andri kepada Okezone, Selasa (31/12/2019) malam.

Banjir di Seluma, kata Ade, nyaris menelan korban jiwa. Di mana salah satu keluarga dari Kelurahan Talang Dantuk Kecamatan Seluma Kabupaten Seluma, atas nama Hajra beserta istrinya sempat terseret arus saat banjir menerjang.

''Keduanya yang sempat terbawa arus aliran sungai berhasil selamat,'' kata Ade.

Bencana banjir yang merendam ratusan pemukiman penduduk itu, terang Ade, pihaknya belum dapat memastikan kerugian dampak dari banjir. Saat ini warga terdampak banjir masih membutuhkan bantuan untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang merendam pemukiman penduduk itu, lanjut Ade, di Kecamatan Seluma Baat, Desa Tanjung Agung sebanyak 13 rumah, dengan ketinggian air sekira 30 hingga 70 cm. Lalu, Desa Pagar Agung, sebanyak 40 rumah, ketinggian air sekira 20 hingga 50 cm.

Kemudian, Desa Talang Tinggi sebanyak 45 rumah, dengan ketinggian air 40 cm hingga 1,2 meter, Desa Lunjuk, sebanyak 35 rumah, ketinggian air sekira 30 cm hingga 1,5 meter, Desa Lubuk Lagan, 5 rumah ketinggian air 30 hingga 80 cm.

Terakhir di Kelurahan Talang Dantuk Kecamatan Seluma, sebanyak 11 rumah. Dengan total rumah yang terendam banjir sebanyak 149 rumah.

''Kerugian dari dampak banjir belum bisa kita pastikan,'' terang Ade.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini