120 Kecamatan di Bengkulu Rawan Bencana Alam, Ini Daftarnya

Demon Fajri, Okezone · Senin 06 Januari 2020 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 06 340 2149792 120-kecamatan-di-bengkulu-rawan-bencana-alam-ini-daftarnya-WRPHoGHEja.jpg Peta rawan bencana di Bengkulu. (Foto: Okezone.com/Demon Fajri)

BENGKULU - Sebanyak 120 kecamatan di Provinsi Bengkulu dinyatakan rawan bencana alam. Ratusan kecamatan itu tersebar di 10 kabupaten/kota. Tingkat kerawanan bencana itu mulai dari kategori rendah,, sedang dan tinggi.

Ancaman bencana alam di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia'' ini, mulai dari banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem dan abrasi, gempa bumi, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, hingga tsunami.

Adapun sebaran daerah rawan bencana itu di Kabupaten Kaur dengan 15 kecamatan, 11 kecamatan di Bengkulu Selatan, 14 kecamatan di Seluma, dan 11 kecamatan di Bengkulu Tengah.

Lalu, 8 kecamatan di Kabupaten Kepahiang, 12 kecamatan di Rejang Lebong, 8 kecamatan di Lebong, 18 kecamatan di Bengkulu Utara. 14 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, dan 9 kecamatan di Kota Bengkulu.

Baca juga: Hujan Deras, Ratusan Rumah dan Akses Jalinbar Bengkulu-Lampung Kebanjiran

Kasubbid Informasi Survei dan Pendataan, Bidang Prabencana, BPBD Provinsi Bengkulu, Arismanto mengatakan, untuk mengurangi korban jiwa dan materil saat bencana, pihaknya membentuk 7 Desa Tangguh Bencana (Destana) di 6 kabupaten.

Desa-desa tersebut merupakan daerah yang rawan bencana alam. Di mana disetiap desa melibatkan secara langsung masyarakat setempat dengan keterlibatan perempuan sebanyak 10 persen.

Masyarakat desa, sambung Aris, juga diberikan pengetahuan tentang jalur evakuasi, peta bencana, ancaman serta titik rawan bencana.

''Setiap desa melibatkan 25 orang. Destana sudah dibentuk di 7 desa di Bengkulu, tersebar di 6 kabupaten,'' ucap Aris.

(qlh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini