Belasan Rumah Hanyut Terbawa Banjir, Aktivitas Warga Lebak Banten Lumpuh

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 01 Januari 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 340 2148091 belasan-rumah-hanyut-terbawa-banjir-aktivitas-warga-lebak-banten-lumpuh-7eUEcAmc0o.JPG Banjir melanda sejumlah wilayah di awal tahun 2020 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan longsor di Jalan Raya Cipanas-Warung Banten, Lebak, Banten, pada Rabu (1/1/2020). Akibatnya, sejumlah desa terisolir karena akses jalan di wilayah tersebut tertutup material reruntuhan.

Seorang warga di lokasi, Anda Joni, mengatakan longsor tersebut terjadi di beberapa titik di sepanjang jalan itu. Di antaranya di Kampung Ciladeun, dan Kampung Muhara. Warga saat ini sedang mengevakuasi diri karena pada saat yang bersamaan daerah itu terdampak banjir.

"Lokasi longsor beberapa titik di sepanjang Jalan Raya Cipanas-Warung Banten, di antaranya di Kampung Ciladeun, Kampung Muhara km 18, Desa Ciladeun, Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Banten," kata Joni kepada Okezone.

Joni menginformasikan wilayah yang terdampak banjir berada di daerah hulu, antara lain di Kampung Muhara, Desa Ciladeun, Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Banten. "Belasan rumah hanyut. Saat ini hujan masih turun deras," ungkapnya.

Sementara itu, di daerah hilir, ratusan rumah terdampak banjir karena meluapnya sungai Ciberang. Beberapa wilayah di hilir yang terdampak banjir, yakni Kampung Bondong, Kampung Seah, dan Kampung Nunggul, Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten.

"Listrik sampai saat ini belum nyala karena ada beberapa tiang yang roboh. Di antaranya di Kampung Muhara, listrik yang terdampak mati dari mulai Kecamatan Lebak Gedong, Kecamatan Sobang, sampai Citorek, Kecamatan Cibeber," terang Joni.

Hingga kini petugas belum bisa menjangkau daerah terdampak bencana tersebut. Pasalnya, akses jalan menuju desa dan kampung di sana tertutup longsor. "Sampai saat ini diinformasikan belum. Baru (ada) beberapa relawan Front Pembela Islam (FPI)," pungkas Joni.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini