nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Gempa M5,1 Garut Akibat Aktivitas Subduksi

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 07:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 06 525 2149644 bmkg-gempa-m5-1-garut-akibat-aktivitas-subduksi-AmpG9IgVBW.jpg Ilustrasi gempa. (Foto: Shutterstock)

BANDUNG – Gempa terjadi di laut selatan Jawa, namun tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa tepatnya terjadi pukul 06.12 WIB, Senin (6/1/2020). Pusat gempa berada di jarak 120 kilometer barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kekuatan gempa magnitudo 5,1 dengan lokasi 8,15 lintang selatan dan 107,34 bujur timur pada kedalaman 10 km," jelas Kepala Stafgeo Kelas I Bandung BMKG Tony Agus Wijaya dalam keterangannya.

Baca juga: Garut Diguncang Gempa Bermagnitudo 5,1 

Ia mengungkapkan, meski hanya sepersekian detik, beberapa wilayah di Jabar merasakan getaran gempa tersebut. Di antaranya Kota Bandung, sebagian di Kabupaten Bandung, Garut, hingga Bogor.

Dia menjelaskan, setelah memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa di Garut ini berjenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme, terang Tony, sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca juga: Kabupaten Malang Digoyang Gempa Magnitudo 4,8 

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ungkapnya.

"Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini