nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angin Puting Beliung Terbangkan Atap Rumah Warga hingga Puluhan Meter

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 00:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 06 609 2150003 angin-puting-beliung-terbangkan-atap-rumah-warga-hingga-puluhan-meter-adjM4VRQrO.JPG Atap rumah warga Maros, Sulsel terbang puluhan meter diterjang angin puting beliung (Foto: Okezone.com/Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Cuaca buruk yang melanda beberapa wilayah di Sulawesi Salatan mulai meresahkan warga. Terjangan angin puting beliung di Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak.

Salah satunya rumah milik Hasnah. Rumahnya mengalami rusak parah setelah diterjang angin puting beliung. Puting beliung yang datang secara tiba-tiba, dari arah belakang rumah, langsung menerbangkan atap, hingga jatuh di pinggir jalan poros sejauh 50 meter dari tempat awal.

Hasnah mengatakan, angin puting beliung datang secara tiba tiba lalu berputar dan bergerak dari arah belakang rumah dan menyapu pohon mangga, yang berada tepat di samping rumah.

"Angin berputar-putar dari belakang rumah. Pohon di samping rumah juga goyang. Itu datangnya tiba-tiba langsung angkat atap rumah. Atap rumah jatuh ke pinggir jalan," kata Hasnah saat ditemui di lokasi Senin, 6 Januari 2020.

Selain itu, beberapa rumah warga juga mengalami rusak parah, kerusakan yang terjadi rata-rata di bagian atap akibat diporak-porandakan angin ribut.

Material atap rumah yang jatuh ke jalan mengakibatkan arus lalu lintas di jalan poros sekitar permukiman itu jadi tersendat.

Atap Rumah Terbang

Sementara itu, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros, yang tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi terhadap atap dari jalan dan melakukan pendataan ke sejumlah rumah warga terdampak angin puting beliung.

Berdasarkan data dari BPBD Maros, saat ini terdapat sepuluh rumah rusak akibat terjangan puting beliung di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Maros. Pihak BPBD juga mengimbau warga agar selalu mewaspadai cuaca buruk, yang beberapa hari ini melanda Indonesia, demi menghindari jatuhnya korban jiwa.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini