nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iran Tangkap Pelaku Penembakan Pesawat yang Menewaskan 176 Orang

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 19:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 14 18 2152835 iran-tangkap-pelaku-penembakan-pesawat-yang-menewaskan-176-orang-Xa8EBlBtZl.jpg Petugas berada di lokasi pesawat jatuh Ukraina di Teheran, Iran. (Foto/IRNA)

TEHERAN - Iran menangkap sejumlah orang yang berperan terkait tragedi penembakan pesawat maskapai Ukraina yang menewaskan semua 176 orang di dalam pesawat.

Namun Iran tidak menyebutkan sejumlah pelaku yang telah mereka tangkap.

Komandan Kesatuan Angkasa Korps Garda Revolusi Iran, Jenderal Amir Ali Hajizadeh, menyatakan bertanggung jawab penuh terkait insiden tersebut. Dia bahkan sempat berujar ingin mati ketika mendengar peristiwa salah tembak itu.

Sebelumnya, sebuah pesawat Ukraina International Airlines 752 ditembak sesaat lepas landas dari Bandara bandara Imam Khomeini di Teheran. Pesawat tersebut rencananya menuju Kiev.

Foto/Reuters

Setelah membantah tuduhan melakukan penembakan, Iran mengakui bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat dengan menggunakan rudal.

Baca juga: Iran Tembak Pesawat Berpenumpang 176 Orang, PM Kanada Janjikan Keadilan bagi Korban

Baca juga: Warga Iran Kecam Penembakan Pesawat Ukraina, Donald Trump: Kalian Sangat Menginspirasi

Akibat insiden tersebut, para pengunjuk rasa, yang dikomondai para mahasiswa, turun ke jalan-jalan Teheran, sementara polisi merespon unjuk rasa dengan kekerasan.

Presiden Iran Hassan Rouhani menjanjikan penyelidikan menyeluruh terhadap "kesalahan tak termaafkan" akibat penembakan pesawat tersebut.

Juru bicara kehakiman Iran Gholamhossein Esmaili mengatakan beberapa dari mereka yang dituduh memiliki peran dalam melakukan penembakan. Dia tidak menyebut tersangka atau mengatakan berapa banyak yang telah ditahan.

Pesawat itu singgah di Iran dan hendak melanjutkan penerbangan ke Kiev, Ukraina. Pesawat itu mengangkut 167 penumpang dan sembilan awak.

Para penumpang terdiri dari 82 warga Iran, 57 warga Kanada yang juga memiliki kewarganegaraan Iran, dan 11 warga Ukraina.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini