nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Elite Irak Tangkap Ulama ISIS Berbobot 136 Kg

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 18 2154449 tim-elite-irak-tangkap-ulama-isis-berbobot-136-kg-14csOpo49b.jpg Shifa al Nima adalah pengkhotbah ISIS yang pernah fatwa mengebom makam Nabi Yunus. (Foto/Twitter)

BAGHDAD – Ulama Negara Islam IS (dulu ISIS) berbobot 136 kilogram ditangkap di tempat persembunyiannya oleh anggota Tim Elite Irak.

Shifa al-Nima dianggap sebagai salah satu tangkapan terbesar dalam beberapa bulan terakhir. Ia ditangkap pada Kamis 16 Januari 2020.

Foto-foto menunjukkan Nima yang betubuh sangat besar ditempatkan di bagin belakang mobil. Hal itu dilakukan polisi karena Nima tidak muat dimasukkan ke dalam kendaraan.

Baca juga: Wanita Irak Bertemu dengan Anggota ISIS yang Memperkosanya: Usiaku 14 Tahun Seumur Anakmu

Baca juga: Konfirmasi Kematian Baghdadi, ISIS Angkat Abu Ibrahim al-Hashemi Sebagai Pemimpin Baru

Nima terlihat duduk di bagian belakang mobil, di antara senapan mesin dan bagian belakang truk.

Foto/Twitter

Nima ditangkap di distrik Mosul di Irak bagian utara menurut sel media keamanan Irak, mengutip Jerusalem Post, Jumat (17/1/2020).

Menurut polisi Irak, Nima adalah seorang pengkhotbah terkenal yang menyebarkan ajaran ekstrimisme di masjid-masjid terhadap pasukan keamanan dan menghasut atas nama ISIS.

"Dia dianggap sebagai salah satu pemimpin utama ISIS dan mengeluarkan fatwa yang menyebabkan pembunuhan para ulama-ulama," kata polisi Irak.

Nima juga mengeluarkan fatwa untuk mengebom makam Nabi Yunus di Mosul. Warga Mosul menyebut Nima sebagai sosok utama yang ingin merusak warisan Mosul.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini