nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Siswa di Cirebon Keracunan "Permen Lipstik"

Fathnur Rohman, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 22:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 525 2154547 puluhan-siswa-di-cirebon-keracunan-permen-lipstik-Dux6QtEpcN.jpg Permen lipstik buat 20 siswa SD di Cirebon keracunan (Foto: Okezone/Fathnur)

CIREBON - Sejumlah siswa di SD Negeri Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Cirebon (RS UMC) pada Jumat (17/1/2020).

Para siswa ini diduga mengalami keracunan, setelah mengkonsumsi jajanan berupa permen lipstik yang dijual di sekitar sekolahnya.

Salah seorang guru di SD Negeri Waruduwur bernama Iwan membenarkan kejadian tersebut. Iwan menyebut dari 20 orang siswa yang mengalami keracunan makanan itu, hanya 10 orang siswa saja yang mendapat tindakan medis di RS UMC.

"Betul. Dari 20 siswa, hanya 10 siswa yang ada tindakan," kata Iwan saat dikonfirmasi Okezone melalui pesan singkat, Jumat (17/1/2020).

Dituturkan Iwan, saat ini 10 siswa itu sudah diperbolehkan pulang setelah menjalani pemeriksaan dan diberi obat. Para siswa ini didampingi oleh beberapa guru serta orangtuanya saat berada di RS UMC.

Keracunan Cirebon

Iwan menerangkan, saat berlangsungnya kegiatan belajar di ruang kelas sekitar pukul 09.30 WIB, para siswa itu tiba-tiba mengalami muntah-muntah, sakit perut, mual, serta ada yang kejang-kejang setelah mengkonsumsi permen lipstik tersebut.

"Sudah diperbolehkan pulang setelah mendapat tindakan dan diberi obat. Sebelum masuk kelas mereka pada jajan. Terus saat ada kegiatan belajar, mereka mengeluh sakit perut, mual, bahkan ada yang sampai muntah dan kejang, " jelas Iwan.

Diungkapkan Iwan, untuk hasil pemeriksaan 10 siswanya itu saat ini masih berada di RS UMC. Sedangkan untuk permen lipstik sendiri sudah disita oleh pihak Polsek Mundu.

"Hasil pemeriksaan ada di RS UMC. Kalau untuk barang bukti ada di Polsek Mundu," ucap Iwan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini