nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Embun Es Selimuti Dieng, Suhu Capai 0,5 Derajat Celsius

Elis Novit, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 13:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 512 2154730 embun-es-selimuti-dieng-suhu-capai-0-5-derajat-celsius-kbGE3pa2du.JPG Embun es selimuti Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Foto: Ist)

BANJARNEGARA - Kemunculan embun es atau frozen biasa terjadi di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kemunculan embun es atau warga sekitar menyebutnya embun upas itu kerap terjadi pada puncak musim kemarau yakni antara bulan Juli dan Agustus.

Namun fenomena aneh dan unik terjadi saat embun es muncul pada musim penghujan. Kepala UPT Dieng, Aryadi mendapati adanya kemunculan embun es pada Jumat, 17 Januari 2020 kemarin yang berada di area pelataran Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara.

Embun Es Dieng

"Ini fenomena unik dan aneh, embun biasanya muncul saat musim kemarau pada bulan Juli-Agustus. Ini muncul saat musim penghujan di awal tahun, tidak seperti biasanya, dan udara Dieng sangat sejuk dan dingin," jelas Aryadi, Sabtu (18/1/2020).

Embun es kata dia, muncul sejak pukul 21.00 WIB dan berada di antara pelepah daun dan rerumputan, puncak embun terbanyak pada pukul 05.00 WIB pagi hari pada suhu mencapai 0,5 derajat celsius. Embun yang ada di daun mencair saat pukul 07.00 WIB berbarengan dengan matahari terbit dan bersinar di area pelataran komplek candi.

Embun Es Dieng

"Saya melihat langsung jam 05.00 pagi tadi, frozen sudah menempel di area dedaunan, saat melihat alat termometer, suhu menunjukkan 0,5 derajat celsius. Ini menjadi keunikan tersendiri adanya fenomena embun es saat masuk musim penghujan," tuturnya.

Adanya fenomena unik ini mengundang perhatian warga dan wisatawan. Dieng selain memiliki daya tarik keindahan alam dan budayanya, juga fenomena kemunculan es atau salju di Dieng.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini