nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBB Serukan Bantuan Internasional Perangi Gerombolan Belalang di Afrika Timur

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 07:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 24 18 2157911 pbb-serukan-bantuan-internasional-perangi-gerombolan-belalang-di-afrika-timur-JiBK4iFD9N.jpg Ilustrasi. (Foto/Reuters)

ADIS ABABA - PBB menyerukan bantuan internasional untuk memerangi gerombolan besar belalang gurun yang menyerbu Afrika Timur.

Seorang juru bicara Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), menyerukan bantuan untuk "mencegah segala ancaman terhadap keamanan pangan, mata pencaharian, kekurangan gizi".

Melansir BBC, Jumat (24/1/2020) FAO mengatakan Ethiopia, Kenya, dan Somalia sedang berjuang dari serbuan gerombolan belalang. Fenomena ini "belum pernah terjadi sebelumnya" dan "menghancurkan".

FAO juga mengkhawatirkan jumlah belalang dapat tumbuh 500 kali pada bulan Juni tahun ini.

"Kecepatan penyebaran hama dan ukuran jauh di luar norma," kata FAO.

Foto/Reuters

Satu-satunya pilihan untuk mencegah hama belalang dengan penyemprotan insektisida dari pesawat.

Kawanan belalang telah menyebar dari Yaman melintasi Laut Merah. Hujan deras di akhir 2019 menciptakan kondisi ideal bagi belalang berkembang.

Selain jumlah meningkat di Afrika Timur, belalang juga berkembang biak di India, Iran dan Pakistan.

Foto/EPA

Belalang dapat melakukan perjalanan hingga 150 kilometer dalam sehari.

Setiap serangga dewasa dapat menyantap memakan seberat tubuhnya setiap hari. Pada bulan November 2019, PBB memperingatkan bahwa serangan belalang di Ethiopia, membuat beberapa petani di wilayah Amhara di Ethiopia kehilangan 100% hasil panen mereka.

Bulan lalu gerombolan belalang memaksa pesawat penumpang keluar jalur di Ethiopia, karena kawanan belalang menabrak kaca depan dan hidung, memaksa pesawat mendarat di Addis Ababa.

Foto/FB Aeronews

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini