nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wabah Virus Korona, AS dan Kanada Berlakukan Travel Warning ke China

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 08:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 28 18 2159322 wabah-virus-korona-as-dan-kanada-berlakukan-travel-warning-ke-china-pelLahlWXa.jpg Foto: Reuters.

SHANGHAI - Amerika Serikat (AS) pada Senin, 27 Januari 2020, memperingatkan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke China sehubungan dengan menyebarnya virus korona yang telah menyebabkan sedikitnya 81 meninggal dunia dan menginfeksi lebih dari 2.700 orang. Peringatan perjalanan (travel warning) serupa juga dikeluarkan oleh Kanada, meski pada cakupan yang lebih sempit.

Melalui pernyataan yang dilansir Reuters, Selasa (28/1/2020), Departemen Luar Negeri memperingatkan warga AS agar “mempertimbangkan kembali” jika mempunyai rencana mengunjungi China karena virus baru yang saat ini mewabah. Presiden AS Donald Trump juga telah menawarkan bantuan pada Beijing untuk mengatasi penyebaran virus yang dikenal sebagai 2019-nCoV itu.

BACA JUGA: AS Konfirmasi Infeksi Virus Korona Pertama di Negaranya

Sementara itu Kanada, yang memiliki dua kasus infeksi virus korona yang telah dikonfirmasi, memperingatkan warganya untuk menghindari perjalanan ke Provinsi Hubei, China, yang menjadi pusat dari penyebaran wabah.

Angka resmi terbaru menyebutkan jumlah total kasus yang dikonfirmasi di China telah mencapai 2.835, dengan setengahnya terjadi di Provinsi Hubei. Beberapa ahli menduga angka sebenarnya jauh lebih tinggi.

BACA JUGA: Seorang Dokter di China Meninggal saat Tangani Virus Korona

Pejabat setempat mengatakan, 76 orang di Hubei meninggal akibat virus tersebut, sementara lima kematian lain dilaporkan di China termasuk di ibu Kota Beijing.

Pemerintah China telah mengisolasi sedikitnya 10 kota di Provinsi Hubei dalam upaya membendung penyebaran wabah virus jenis baru itu. Namun, kasus-kasus infeksi virus korona telah terdeteksi di sedikitnya 14 negara termasuk AS, Kanada, Australia, Thailand, Malaysia, Australia, Jepang dan Korea Selatan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini