nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pejabat China: Identifikasi Awal, Pelaporan, hingga Isolasi Cara Terbaik Kendalikan Virus Korona

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 30 Januari 2020 11:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 30 18 2160560 pejabat-china-identifikasi-awal-pelaporan-hingga-isolasi-cara-terbaik-kendalikan-virus-korona-tughlqj86i.jpg Wu Hao (kanan), Kepala Pusat Pelayanan Masyarakat Fengzhuang

BEIJING – Pejabat kesehatan China mengatakan identifikasi awal, pelaporan, isolasi, diagnosis dan perawatan adalah cara terbaik dan paling efektif untuk mengendalikan virus korona jenis baru atau 2019-NCoV

Hal itu disampiakan Wu Hao, Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Fangzhuang di Beijing.

Ia menambahkan dengan informasi yang intensif tentang virus korona, masyarakat telah menyadari akan pentingnya penanggulangan wabah, tetapi masih perlu upaya untuk memobilisasi seluruh masyarakat agar melakukan manajemen kesehatan.

"Langkah-langkah pencegahan dan kontrol yang komprehensif seperti itu adalah cara terbaik dan paling efektif untuk mencegah virus dari penyebaran lebih jauh," kata Wu mengutip Xinhua, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: Finlandia Konfirmasi Kasus Pertama Virus Korona, Pasien Turis Asal China

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Korona, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Tabung Isolasi

Foto/Reuters

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah telah membantu warga untuk mencegah penyebaran virus korona.

Wu menambahkan, teknologi informasi telah digunakan agar warga mudah melakukan konsultasi kesehatan, pemantauan, dan pencegahan wabah. Konsultan psikologis juga tersedia secara online untuk membantu mengurangi kecemasan warga di tengah wabah virus korona.

Di Beijing, dokter keluarga telah bekerja sama dengan komite lingkungan untuk mengelola kesehatan penduduk dengan lebih baik, dan dokter keluarga telah meluncurkan pemeriksaan berkala terhadap pasien yang dicurigai terpapar virus korona agar tidak perlu pergi ke rumah sakit, papar Wu.

Di distrik Fengtai, Beijing aplikasi mobile dokter keluarga memberikan informasi kesehatan dan mengirim pesan ke ponsel warga.

Semua tindakan ini telah membantu warga mengenali bahwa isolasi dan observasi medis di rumah adalah bagian penting dari pencegahan dan pengendalian epidemi, kata Wu.

"Tetapi tindakan isolasi tidak pernah menghalangi komunikasi kami," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini