nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keluarnya Inggris dari Uni Eropa Ciptakan Peluang Bagi Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 31 18 2161441 keluarnya-inggris-dari-uni-eropa-ciptakan-peluang-bagi-indonesia-n3gIrhA0Yb.jpeg Duta Besar Inggris di Jakarta, Owen Jenkins. (Foto: Okezone/Dika)

JAKARTA – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins meyakini langkah negaranya untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE), atau yang dikenal sebagai Brexit, akan menciptakan peluang besar bagi Indonesia. Inggris akan secara resmi keluar dari UE pada pada 31 Januari 2020 pukul 11 malam waktu Inggris, merealisasikan hasil referendum yang digelar pada 2016 lalu.

“Brexit menciptakan peluang besar bagi Indonesia. Hubungan kerja sama kami (Indonesia dan Inggris) semakin kuat. Kedutaan kami (Inggris di Indonesia) telah tumbuh sekitar 40 persen sejak referendum pada Juni 2016 – sebelumnya kami hanya memiliki 110 staf, sekarang ada 152 staf,” kata Dubes Jenkins dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

BACA JUGA: Ketentuan Brexit Disetujui, Inggris Keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari

“Kami telah membuka kantor di luar Jakarta untuk merespon kebutuhan bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta, tapi masih banyak potensi provinsi-provinsi besar lainnya yang harus kami jelajahi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dubes yang mulai bertugas di Indonesia pada 2019 itu mengungkapkan bahwa Inggris juga telah membuka kedutaan baru baru untuk ASEAN, dengan Duta Besar baru yang dikhususkan untuk menangani hubungan Inggris dengan organisasi negara-negara Asia Tenggara itu.

Pembukaan kedutaan baru itu dimaksudkan untuk memperkuat kemitraan penting antara Inggris dengan ASEAN.

“Semua ini terjadi karena pekerjaan luar biasa yang dilakukan Inggris bersama-sama dengan Indonesia,” ujarnya.

Brexit juga diyakini tidak akan terlalu mempengaruhi hubungan dagang Indonesia dan Inggris yang sudah berbisnis dengan persyaratan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

BACA JUGA: 10 Fakta tentang Brexit, Dampak dan Pengaruhnya

Inggris bersama Indonesia juga telah meluncurkan Tinjauan Perdagangan Bersama (Joint Trade Review), untuk mencari tahu di mana peluang masa depan hubungan perdagangan kedua negara.

“Brexit akan melihat membuat berusaha untuk memperkuat kemitraannya kami, membangun fondasi kuat kami di seluruh dunia – yang hanya bisa menjadi hal yang baik untuk Indonesia,” jelas Dubes Jenkins.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini