Jembatan Kalimati Padang Sidimpuan Ambruk Dihantam Banjir

Liansah Rangkuti, Okezone · Jum'at 31 Januari 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 608 2161280 jembatan-kalimati-padang-sidimpuan-ambruk-dihantam-banjir-xbMU1FoPJC.png Banjir di Padang Sidimpuan. (Foto: Okezone.com/Liansah)

PADANGSIDIMPUAN - Jembatan Kalimati di Desa Manunggang Jae, Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara ambruk diterjang luapan anak sungai. Luapan juga menyebabkan rumah warga sekitar dan puluhan hektare lahan persawahan di Dusun Padang Sejati terendam banjir.

Jembatan Kalimati ambruk sekira pukul 23.45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun akses jalan dari Desa Perkebunan ke Labuhan Rasoki dan Tarutung Baru, tembus ke Kabupaten Tapsel terputus.

Banjir merendam sejumlah rumah warga di tiga desa, yakni 6 rumah di Desa Perkebunan Pijorkoling, 3 rumah di Desa Manunggang Jae dan 5 rumah di Desa Labuhan Rasoki. Banjir juga merusak lahan persawahan di dusun setempat.

"Kita belum tahu persis, seberapa luas lahan persawahan warga yang rusak tersapu banjir. Namun, bisa dipastikan petani akan mengalami gagal panen," ujar Kepala Dusun 2 Padang Sejati, Misriadi kepada Okezone, Jumat (31/1/2020).

Camat Padangsidimpuan Tenggara, Zulkifli Dalimunte mengatakan, hujan lebat telah membanjiri sejumlah desa dan lahan pertanian warga. Air juga mengikis pondasi jembatan penghubung di Dusun Kalimati hingga ambruk dan memutus akses jalan utama.

(Foto: Okezone.com/Liansah)

Sebelum jembatan diperbaiki, pengendara terpaksa melintas dari Desa Manunggang Jae untuk bisa masuk atau sampai ke Desa Labuhan Rasoki. Meski jarak tempuh bertambah jauh, tapi itu satu-satunya akses yang bisa dilalui saat ini.

Sementara itu, Kepala Desa Labuhan Rasoki, Rahmat Harahap mengimbau seluruh warga untuk bergotong-royong membersihkan rumah yang kebanjiran.

"Kita sudah meminta kesediaan warga untuk membantu warga lainnya yang rumahnya jadi sasaran arus banjir. Kita juga berharap kiranya curah hujan mereda dan semuanya baik-baik saja," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini