nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jembatan Darurat Padang-Bukittingi Hanya Bisa Dilalui Sepeda Motor dan Pejalan Kaki

Rus Akbar, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 11 340 1989847 jembatan-darurat-padang-bukittingi-hanya-bisa-dilalui-sepeda-motor-dan-pejalan-kaki-cCD9GeXkX6.jpg

PADANG - Mengantisipasi lumpuhnya aktivitas akibat jembatan putus jalur utama Padang-Bukittinggi yang berada di Korong Pasa Usang, Nagari Kayutanam, Kecamatan 2X11, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat warga yang berada di sekitar lokasi bersama TNI membuat jembatan darurat yang berada di bawah sisi jembatan utama yang putus tersebut dari batang kayu dan bambu kemudian diberi pasir.

Dengan adanya jembatan darurat tersebut warga bisa melintas jalan kaki dan sepeda motor. Namun pengendara harus berhati-hati karena harus melewati turunan yang tajam.

“Jembatan dibuat swadaya masyarakat dibantu personel Babinsa. Jembatan ini untuk menanggulangi sementara agar aktivitas masyarakat normal," kata Danramil 04 Sicicin, Kapten Inf Maslur, Selasa (11/12/2018).

Maslur menambahkan, sesuai dengan perintah para personel diminta siaga di lokasi dan berupaya untuk membantu masyarakat. Selain itu, personel juga persiapan untuk membantu terkait akan datangnya jembatan darurat (bailey).

“Petunjuk pimpinan standby menunggu apa yang bisa dibantu, kami akan bantu. Insyallah hari ini jembatan darurat juga sampai," katanya.

Sebenarnya kata Maslue, jembatan penghubung jalur utama Padang-Bukittinggi ini sebenarnya sudah diusulkan untuk diperbaiki dan itu disampaikan melaluhi pemerintah nagari berupa laporan kepada Dinas Pekerjaan Umum.

(Baca Juga: Jembatan Utama Penghubung Padang-Bukittinggi Putus, Arus Lalu Lintas Dialihkan)

"Waktu itu sudah survei dan sudah dilaporkan Pak Wali untuk ditindaklanjuti ke atas. Mungkin menunggu-nunggu," ungkapnya.

Adri (35) pengendara yang melewati jalur tersebut mengatakan, jembatan darurat ini membantunya, kalau melintasi jalur alternatif dari Padang Panjang menuju Padang via Solok memakan waktu yang lama.

"Rencana mau ke Padang, adanya jembatan yang dibuat masyarakat ini sedikit banyak sangat membantu ya," ujarnya.

Jalur alternatif lain bisa dilewati Malalak-Sicincin-Padang atau Malalak-Padang Pariaman-Bandara Internasional Minangkabau-Padang.

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini