Berebutan "Minyak Suci", Sedikitnya 20 Orang di Tanzania Tewas Terinjak-injak

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 03 Februari 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 18 2162370 berebutan-minyak-suci-sedikitnya-20-orang-di-tanzania-tewas-terinjak-injak-0rpigdfxp9.jpg Foto: AFP.

MOSHI - Sedikitnya 20 orang terinjak-injak hingga tewas dan 16 lainnya terluka pada sebuah acara kebaktian di Tanzania.

Para jemaat menghadiri kebaktian Pentakosta di sebuah stadion di Kota Moshi, utara Tanzania pada Sabtu malam, 1 Februari ketika insiden itu terjadi. Menurut Komisioner Kepolisian Distrik Moshi, Kippi Warioba para jemaat berebutan maju untuk diurapi dengan minyak yang diberkati, menyebabkan insiden itu terjadi.

Presiden Tanzania John Magufuli mengirimkan belasungkawa dan menyerukan keamanan yang lebih baik di acara-acara besar serupa.

Kebaktian itu diadakan oleh pendeta Boniface Mwamposa, yang menyebut dirinya sebagai "rasul".

Korban selamat mengatakan, Mwamposa mengatakan kepada ratusan orang yang berkumpul di kebaktian untuk melewati daerah di mana "minyak yang diberkati" telah dituangkan ke lantai.

Kerumunan bergegas maju untuk mencoba menginjak minyak yang diberkati itu dengan harapan sembuh dari penyakit.

Peter Kilewo, yang menghadiri kebaktian itu, menggambarkan pemandangan di kejadian itu "mengerikan". Dia mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa orang-orang "diinjak-injak tanpa belas kasihan, saling dorong dengan siku".

Dia menambahkan: "Rasanya seperti pengkhotbah itu telah melemparkan banyak uang," demikian diwartakan BBC, Senin (3/2/2020).

Polisi mengatakan Mwamposa ditahan untuk diinterogasi.

Warioba mengatakan pihak berwenang sedang memeriksa apakah lebih banyak korban dibawa ke klinik setempat, fasilitas kesehatan dan rumah sakit.

"Insiden itu terjadi pada malam hari dan ada banyak orang, sehingga ada kemungkinan lebih banyak korban bisa muncul. Kami sedang menilai situasinya," ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini