Haul Gus Dur Akan Digelar Bersama Cap Go Meh di Solo

Bramantyo, Okezone · Rabu 05 Februari 2020 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 512 2163427 haul-gus-dur-akan-digelar-bersama-cap-go-meh-di-solo-nirsVHiW8z.png Persiapan Cap Go Meh di Solo (Okezone.com/Bramantyo)

SOLO - Haul ke 10 KH Abdurahman Wahid alias Gus Dur akan digelar di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Jumat 7 Februari 2020. Haul Presiden keempat RI itu akan digelar berbarengan dengan peringatan Cap Go Meh. 10 ribu orang diperkirakan akan hadir.

Ketua Panitia Haul ke 10 Gus Dur, Husain Syifa mengatakan, Gus Dur bukan hanya dikenal sebagai mantan Presiden, tapi juga sebagai tokoh pluralisme juga sosok guru, bapak, dan teladan bangsa.

Menurutnya berkat perjuangan Gus Dur, warga Tionghoa dapat kembali mengekspresikan diri merayakan Imlek di muka umum.

“Tema Haul Gus Dur ke X ini adalah Njejegake Soko Guru Nusantara. Gus Dur tak hanya guru bagi warga Nahdiyin. Namun Gus Dur juga guru sekaligus bapak bagi bangsa Indonesia. Tak terkecuali warga Tionghoa," kata Husain dalam konferensi pers di Solo, Selasa (4/2/2020).

Menurut Husain, karena bertepatan dengan puncak perayaan Cap Go Meh, maka dalam haul Gus Dur nanti akan dihadirkan Ketua PCI Nahdlatul Ulama China KH Imron Rosyadi Hamid.

"Kenapa bukan Mahfud MD yang kita hadirkan, tapi KH Imron Rosyadi Hamid yang saat ini sudah ada di Indonesia. Karena pemikiran KH Imron Rosyadi Hamid sama dengan pemikiran Gus Dur," papar Husain.

Sedangkan dipilihnya tema 'Njejegake Soko Guru Nusantara' di haul Gur Dus, ungkap Husain, dikarenakan ingin kembali merefleksikan apa yang sudah disampaikan Gus Dur di mana NKRI sudah final.

"Menurut beliau (Gus Dur) tidak perlu ada jabatan yang harus di pertahankan mati-matian. Tapi kalau sudah soal bentuk negara, nyawapun akan kami pertaruhkan," tandasnya.

Putri Gus Dur, Anita Ashvini Wahid dijadwalkan datang mewakili keluarga besar Gus Dur saat haul nanti.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini