Dokter India Lakukan Operasi Angkat Janin dari Bayi Berusia 6 Bulan

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 06 Februari 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 18 2164487 dokter-india-lakukan-operasi-angkat-janin-dari-bayi-berusia-6-bulan-74q951CVMM.jpg Foto: Shutterstock.

PATNA - Dalam kasus yang jarang terjadi, tim yang terdiri dari 15 dokter mengoperasi seorang bayi laki-laki berusia enam setengah bulan di India untuk mengangkat sesuatu dari perutnya yang membengkak. Mulanya para dokter menduga mereka akan menemukan tumor, namun dugaan itu salah.

Beradasarkan laporan media, tim dokter di Patna Medical College and Hospital (PMCH), Negara Bagian Bihar, India mengeluarkan janin yang mati dari perut bayi bernama Irfan.

Kondisi ini adalah apa yang oleh para dokter disebut “Fetus in Fetu”, suatu kelainan bawaan yang langka, didefinisikan sebagai ketika zigot kembar yang terperangkap di dalam perut saudara kandungnya saat dalam kandungan ibunya.

Menurut laporan yang dilansir Sputnik, perut, tangan, dan kepala janin mati yang dikeluarkan dari perut Irfan dikembangkan, namun, janin itu tidak memiliki detak jantung.

Bayi laki-laki berusia 28 pekan itu dirawat di PMCH setelah orang tuanya melihat pembengkakan yang terlihat di perutnya. Awalnya, pembengkakan itu diduga karena tumor.

Dr. Amrendra Kumar dan Dr. Nigam Prakash Narayan dari PMCH mengungkapkan bahwa ini dapat dihitung di antara kasus-kasus “paling langka dari yang langka” dan hanya terjadi satu kali pada lebih dari 500.000 anak.

Kasus pertama yang didokumentasikan “Fetus in Fetu” tercatat pada tahun 1800.

Pada 2008, seorang bayi di AS lahir dengan 11 massa janin di dalam perutnya. Sedangkan pada Maret 2017, seorang anak berusia 10 bulan di Indonesia menjalani pembedahan untuk mengangkat kembarannya yang meninggal dari perutnya.

Janin yang terperangkap biasanya bertindak sebagai parasit pada janin yang masih hidup dan mengambil nutrisi dari darah saat berada dalam rahim ibu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini