nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menara Seluler hingga Atap Gedung Dewan di Jatim Ambruk Diterjang Angin Kencang

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 01:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 08 519 2165226 menara-seluler-hingga-atap-gedung-dewan-di-jatim-ambruk-diterjang-angin-kencang-MgU2fjeH0m.jpg (Foto: BPBD)

BLITAR - Sejumlah wilayah di Jawa Timur sepanjang Jumat 7 Februari 2020 siang hingga petang diguyur hujan deras disertai angin kencang. Akibatnya, sejumlah bangunan rusak akibat bencana alam ini.

Dari data yang dihimpun Okezone hingga Jumat malam, empat daerah terdampak hujan disertai angin kencang, yakni Kabupaten Blitar dan Kota Blitar, Probolinggo dan Kabupaten Tulungagung.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik mengatakan, atap Gedung DPRD Kabupaten Blitar yang berada di Kanigoro rusak. Deretan atap warung di sekitar kawasan Gedung Pemkab Blitar juga tak luput dari terjangan angin kencang.

Sedangkan banyak pohon tumbang di Kecamatan Wlingi. Tak hanya itu, sebuah tower seluler roboh menimpa dua rumah.

"Aada tower seluler yang roboh juga di sana (Wlingi) menimpa dua rumah," ujar Ahmad Cholik.

(Foto: BPBD)

Di Kota Blitar, sejumlah pohon yang berada di jalan protokol, di antaranya Jalan Sumatra, Jalan Nias, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Kalimantan tumbang diterjang angin kencang. Tembok pembatas Universitas Islam Blitar (Unisba) yang berada di Kelurahan Sananwetan juga roboh.

Di Probolinggo, angin kencang merobohkan sejumlah pohon dan tiang reklame di ruas Jalan Raya Probolinggo-Pasuruan. Tak hanya itu, sebuah menara seluler setinggi 20 meter yang berada di Dusun Grinting, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo juga tumbang.

Sedangkan belasan rumah di dua kecamatan di Kabupaten Tulungagung juga rusak akibat angin kencang. "Total ada 16 rumah yang rusak. Di Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, ada lima rumah rusak. Sedangkan 11 rumah di Desa Jabon, Kecamatan Kalidawir, juga dilaporkan rusak," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tulungagung, Galih Nusantoro, Jumat malam.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini