nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir di Cirebon Mulai Surut, Tim Gabungan Tutup Tanggul Jebol dengan Karung Pasir

INews.id, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 11:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 09 525 2165630 banjir-di-cirebon-mulai-surut-tim-gabungan-tutup-tanggul-jebol-dengan-karung-pasir-KKjY1n09XI.JPG Banjir rendam sejumlah desa di Cirebon, Jawa Barat (Foto: Okezone.com/Fathnur Rohman)

CIREBON - Ketinggian air yang merendam 10 kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (9/2/2020) terpantau mulai surut. Tanggul jebol pemicu banjir mulai ditutup dengan karung pasir oleh petugas gabungan dari unsur TNI, relawan dan BPBD setempat.

Sebelumnya, ketinggian banjir di wilayah itu mencapai satu meter dan kini surut tersisa 20 sentimeter.

"Kami ada tanggul enam meter, itu upaya pertama. Kami bersama dengan masyarakat dan semua terkait, alhamdulillah upaya kami membuat semacam penahan pasir," ungkap Kepala Desa Wanakaya, Toto Suharto, dikutip dari iNews.id, Minggu (9/2/2020).

Banjir yang melanda wilayah tersebut rupanya tidak separah tahun lalu. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang warga, Budi. "Tahun lalu paling parah, ini mendingan," kata Budi.

Dirinya berharap musibah banjir kali ini dapat secepatnya teratasi. Banyak warga kata dia, mengalami kendala beraktivitas imbas banjir.

"Kami ada banyak yang kesulitan karena banjir," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra mengungkapkan, banjir di Desa Wanakaya dan Desa Astana disebabkan oleh jebolnya tanggul Sungai Condong sepanjang enam meter. Sehingga mengakibatkan air meluap dan merendam ratusan rumah warga.

Dadang menjelaskan, Desa Wanakaya dan Desa Astana menjadi muara aliran Sungai Condong, Cipager, dan Sungai Pekik. Menurut dia, ketika debit air meningkat, secara otomatis dua desa ini akan menerima dampaknya.

"Ada tanggul yang jebol sepanjang enam meter. Sehingga mengakibatkan air meluap dan merendam pemukiman warga, " kata Dadang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini