nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gajah Salma Mati Usai 7 Bulan Lebih Dirawat

iNews TV, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 11:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 10 340 2165982 gajah-salma-mati-usai-7-bulan-lebih-dirawat-I0zhfESoU8.jpg Gajah mati di Bukittinggi, Sumatera Barat (Okezone.com/Rus Akbar)

ACEH TIMUR - Anak gajah betina bernama salma yang sedang dalam perawatan akibat di CRU Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, akhirnya mati. Gajah berusia sekira 1,5 tahun itu dirawat usai ditemukan terluka parah akibat jerat di hutan Kecamatan Simpang Jernih, Aceh timurm pada Juni 2019.

Menurut informasi dari tim BKSDA Aceh, kondisi anak gajah itu menurun sejak Desember 2019 hingga saat kematiannya. Penurunan kondisi fisik gajah salma terjadi karena nafsu makannya tidak stabil.

Mengutip laporan iNewsTV, Senin (10/2/2020), sejak dievakuasi dari lokasi jerat sampai menjelang kematiannya, gajah salma terlihat tidak selincah dan seagresif gajah bayi lainnya, meskipun beberapa perlakuan khusus diberikan untuk mengatasi tingkat stresnya yang berhubungan dengan immunitas atau antibodinya.

Nafsu makannya juga rendah, terutama asupan hijauan dan buah-buahan, sehingga harus diimbangi dengan pemberian suplemen berupa kacang hijau yang dimasak dengan pulut, beras, santan, dan sedikit gula merah dan setelah masak dicampur dengan susu soya atau susu sapi.

Tim medis sudah beberapa kali memeriksa sampel darah untuk mengetahui perkembangan kondisi fisiologi dan setiap dilakukan pengulangan pemeriksaan sampel darah dalam kurun waktu 3 sampai 4 pekan. Hanya anemia dan hipoproteinemia saja yang terlihat rendah dan diberikan treatment atau vitamin untuk merangsang pembentukan sel darah dan infus asam amino.

Dari hasil nekropsy yang dilakukan oleh dokter hewan Anhar hingga disimpulkan, rendahnya nafsu makan gajah salma akibat gangguan pada sistem pencernaan. Gajah itu terlihat takut memakan makanan yang keras seperti hijauan serta buah buahan dan bila diberikan suplement harus encer sekali.

Sementara pergerakan gajah salma tidak selincah bayi gajah lainnya akibat adanya gangguan fungsional pada jantung. Anemia yang dialami gajah salma disebabkan proses pembentukan sel darah merahnya mengalami gangguan akibat limpanya tidak berkembang secara normal.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini