nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernah ke China, 5 WNA Ditolak Masuk Surabaya di Bandara Juanda

iNews TV, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 15:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 11 519 2166759 pernah-ke-china-5-wna-ditolak-masuk-surabaya-di-bandara-juanda-i1qpZudUgr.jpg Bandara Internasional Juanda (Foto: Sindonews)

SURABAYA - Pihak Imigrasi di Bandara Internasional Juanda Surabaya menolak lima warga negara asing (WNA) asal China, Inggris, dan Singapura. Mereka ditolak masuk ke Tanah Air karena memiliki riwayat perjalanan ke China dalam kurun 14 hari sebelum tiba di Bandara Internasional Juanda. 

Dikutip dari iNews TV, Selasa (11/2/2020), lima WNA itu terdiri dari 3 warga China, 1 warga Inggris, dan 1 warga Singapura. Kelimanya mendarat di Bandara Internasional Juanda dengan 2 maskapai penerbangan dari Singapura. Mereka ditolak saat proses pelaporan paspor di loket paspor Imigrasi terminal kedatangan internasional.

Baca Juga: Keamanan Pelabuhan Diperketat Akibat Virus Korona, Angka Kedatangan di Batam Menurun

Kelima WNA itu diketahui pernah berkunjung ke China melalui stempel imigrasi China yang ada di dalam paspor. Kelimanya langsung dipulangkan ke Singapura sebagai titik awal penerbangan sebelum tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Ilustrasi Foto: Ist

Adapun biaya tiket ditanggung pihak maskapai penerbangan yang membawa mereka ke Bandara Internasional Juanda.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Nanang Mustofa menuturkan, sementara ketentuan penolakan WNA yang pernah berkunjung ke China selama 14 hari sebelumnya ke Indonesia terkait antisipasi penyebaran virus korona.

Pihak Imigrasi Surabaya belum bisa memastikan sampai kapan ketentuan itu diberlakukan karena masih menunggu instruksi dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly.

Baca Juga: Puluhan WN China di Bali Ajukan Perpanjangan Izin Tinggal 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini