Jadi Langganan Banjir, SMPN 3 Saptosari Gunungkidul Bakal Direlokasi

Harian Jogja, · Rabu 12 Februari 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 510 2167299 jadi-langganan-banjir-smpn-3-saptosari-gunungkidul-bakal-direlokasi-dL0SpiGL8O.JPG SMPN 3 Saptosari, Gunungkidul, DIY terendam banjir (Foto: Harianjogja)

GUNUNGKIDUL - SMP Negeri 3 Saptosari, di Kabupaten Gunungkidul, DIY segera direlokasi ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, bangunan sekolah tersebut sudah menjadi langganan banjir, kala musim hujan datang. Adapun total anggaran pemindahan sekolah itu ditaksir mencapai Rp9,6 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menyebut, relokasi SMP Negeri 3 Saptosari akan dilakukan tahun ini. Namun kata dia, lelang masih dilakukan di Badan Layanan Pengadaan (BLP) untuk mencari rekanan yang mampu mengerjakan proyek itu.

“Masih proses dan mudah-mudahan bisa segera ditentukan pemenang lelang sehingga pengerjaan dapat dijalankan secepatnya,” kata Edy, melansir laman Harianjogja, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, pemindahan dilakukan karena lokasi saat ini berada di daerah rawan banjir. Misalnya saja kata Edy, saat terjadi Badai Cempaka pada 2017 silam, sekolah ini juga terendam dan membuat kegiatan belajar mengajar lumpuh.

“Relokasi juga bagian dari rehabilitasi dan rekonstruksi akibat Badai Cempaka,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Pemkab setempat telah menyiapkan lahan untuk lokasi baru. Sedangkan jarak antara sekolah lama dan tempat relokasi hanya berjarak sekitar satu kilometer.

“Siswa masih bisa mengaksesnya. Yang terpenting di tempat baru lokasinya lebih aman,” sambung Edy.

Saat ditanya soal anggaran relokasi SMP Negeri 3 Saptosari, dia mengklaim jajarannya menerima anggaran Rp9,6 miliar yang bersumber dari dana hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Pagu Rp9,6 miliar hanya untuk pembangunan fisik,” ujarnya menandaskan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini