nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Utama Cirebon-Bandung Ambles, Kemacetan Mengular hingga 5 Km

INews.id, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 13:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 12 525 2167284 jalan-utama-cirebon-bandung-ambles-kemacetan-mengular-hingga-5-km-bch7YiPW0l.jpg Jalan Cireki, Penghubung Cirebon-Bandung Ambles Kini Sedang Diperbaiki (foto: iNews/Beben Hva)

SUMEDANG - Jalan Cireki yang merupakan penghubung antara Cirebon menuju Bandung, ambles hingga satu meter. Akibatnya, kemacetan kendaraan mengular hingga 5 kilometer.

Pantauan iNews.id dari udara, jalur tersebut kini mulai diperbaiki. Beberapa petugas dari Pemkab Sumedang sudah berada di lokasi untuk menambal sementara jalan penghubung Cirebon menuju Bandung tersebut.

Baca Juga: PVMBG Cek Longsor yang Timpa Rumah Warga di Bandung Barat 

Penyebab amblesnya Jalan Cireki, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, diduga akibat curah hujan yang tinggi serta adanya aliran sungai di bawah jalan raya. Kemacetan pun tampak mengular dari kedua arah hingga mencapai 5 kilometer.

Jalan Cireki, jalur utama Cirebon-Bandung diperbaiki (foto: iNews/Beben Hva)	 

Jalan Cireki, jalur utama Cirebon-Bandung diperbaiki (foto: iNews/Beben Hva)

Salah seorang pengemudi mobil, Budi, berharap jalur yang ambles segera diperbaiki. Menurut dia, jalan yang sama pernah ambles pada tahun lalu dan menyebabkan akses dari Bandung ke Cirebon lumpuh total.

"Ini jalur utama, enggak ada lagi yang lain," kata Budi, Rabu (12/2/2020).

Jalur penghubung Cirebon menuju Bandung dan sebaliknya itu banyak dilewati truk-truk yang akan mendistribusikan berbagai kebutuhan warga. Budi menyebut, jika tidak diperbaiki akan mengganggu aktivitas ekonomi.

"Kalau enggak diperbaiki bisa mengganggu," tutur dia.

Sementara pengguna jalan lainnya, Saduloh, mengaku harus menghabiskan waktu dua jam untuk melewati jalan yang ambles tersebut.

"Ini mau ke Bandung, ada dua jam untuk lewat," ucap Saduloh.

Kapolsek Tomo Kompol Doto mengatakan jalan ambles ini terjadi setiap tahun. Dia mengaku sudah melaporkannya ke Kapolres Sumedang.

Baca Juga: Longsor di Dekat Tol Purbaleunyi, 80 Warga Terdampak Diungsikan 

Tomo mengatakan, polisi fokus untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi. Dia menyebut jika tidak diperbaiki akses ke Bandung maupun ke Cirebon bisa lumpuh.

"Ini jalan utama, kalau tidak diperbaiki bisa lumpuh," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini