nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PVMBG Cek Longsor yang Timpa Rumah Warga di Bandung Barat

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 12:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 525 2167226 pvmbg-cek-longsor-yang-timpa-rumah-warga-di-bandung-barat-V8TKRLrRRb.jpg Longsor di Kabupaten Bandung Barat. (Foto : Okezone.com/CDB Yudistira)
BANDUNG – Petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dikerahkan untuk mengecek lokasi longsor yang menimpa rumah warga di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

"Kita akan ngecek ke lokasi siang ini," kata Ketua Tim pengecekan dari bidang pergerakan tanah PVMBG, Anjar, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/2/2020).

Anjar mengatakan, pengecekan dilakukan dengan dua metode, yaitu ground dan aerial survey. Ia menjelaskan metode ground untuk memeriksa kondisi batuan dan tanah, tataguna lahan, keairan, faktor penyebab, dan mekanisme.

"Sementara satu lagi aerial menggunakan drone untuk deliniasi dimensi longsoran dan analisis lanjutan seperti potensi longsoran," katanya.

Hasil pengecekannya dirilis pekan depan. Pada siang hari ini, Anjar mengatakan ada empat orang tim yang lakukan pengecekan di lokasi kejadian.

Sementara ini untuk antisipasi longsor susulan, Anjar mengatakan cekungan-cekungan air yang berada di lokasi longsor perlu dikeringkan. Salah satunya cekungan yang di ada sebelah kiri jalan tol yang pada jalur arah ke Bandung.

Selain itu, perlu juga memperbaiki drainase yang tersumbat, dan pemantauan yang berkelanjutan terhadap retakan yang ada.

"Setelah itu dilakukan baru ke arah mitigasi struktural lainnya seperti penahan lereng, perlandaian lereng," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, tebing setinggi kurang lebih 20 meter longsor. Material longsor menimpa rumah warga di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Longsor itu terjadi pada Selasa 11 Februari 2020 malam, sekira pukul 19.00 WIB. Selain menimbun rumah warga, material tanah menimbun persawahan.


Baca Juga : Longsor di Dekat Tol Purbaleunyi, 80 Warga Terdampak Diungsikan

Lokasi longsor berdekatan dengan bahu jalan Tol Purbaleunyi, atau tepatnya di kilometer 116 +600 jalur B arah Jakarta.

Ada 10 rumah dengan satu di antaranya tertimbun, tiga rumah lainnya mengalami rusak berat, dan enam rumah warga terancam terkena longsoran.

Di lokasi kejadian saat ini terpantau, garis polisi telah melintang di pemukiman dan kawasan yang terdampak. Tampak juga tim BPBD dan kepolisian terus membantu warga mengevakuasi barang yang dapat terselamatkan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini