nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangani Kerusuhan, Kemenkumham Sumut Kirim Tim ke Rutan Kabanjahe

INews.id, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 16:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 12 608 2167402 tangani-kerusuhan-kemenkumham-sumut-kirim-tim-ke-rutan-kabanjahe-0XdogN13el.jpg Kondisi saat Kerusuhan di Rutan Kabanjahe, Karo, Sumut (foto: Istimewa)

KARO - Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Rabu (12/2/2020) siang. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara langsung menerjukan tim untuk menangani kerusuhan di Rutan Kabanjahe.

"Iya benar, ini saya bersama dengan tim sedang menuju ke Karo," kata Humas Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Josua Ginting saat dikon‎firmasi, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga: Rusuh, Sebagian Warga Binaan Rutan Kabanjahe Dievakuasi 

Dia menambahkan, tim tersebut nantinya akan berupaya untuk mengendalikan situasi dalam rutan agar dapat kembali kondusif.

"Penanganan dan pengamanan dari TNI/Polri setempat bersama kami," tutur Josua.

Sementara terkait penyebab kerusuhan, Josua mengaku belum mengetahui pasti penyebabnya. "Sabar ya, belum tahu penyebab kerusuhan. Sampai di lokasi dan jika sudah kami dapatkan, akan langsung disampaikan,” ucapnya.

Rutan Kabanjahe rusuh dan terbakar pada Rabu siang sekira pukul 12.00 WIB. Belum diketahui penyebab pasti kerusuhan, namun tampak kepulan asap tebal keluar dari arah rutan.

Ratusan personel Polres Tanah Karo didukung Kodim dan Batalion TNI telah berada di lokasi untuk memenangkan situasi. Sementara petugas damkar berjibaku memadamkan api yang muncul dari dalam Rutan Kabanjahe.

Proses pemadaman cukup sulit karena ada lemparan batu dari dalam rutan tersebut.

Baca Juga: Kericuhan di Rutan Kabanjahe, Aparat TNI-Polri Letuskan Tembakan Peringatan ke Udara

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini