Belum Dua Bulan, Sumsel Dilanda 6 Kali Longsor dan 3 Kali Banjir Bandang

Melly Puspita, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 610 2167210 belum-dua-bulan-sumsel-dilanda-6-kali-longsor-dan-3-kali-banjir-bandang-Qkh9CsiA1c.JPG Banjir kepung wilayah Sumatera Selatan (Foto: BPBD Sumsel)

PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat, hingga awal Februari 2020 wilayah Sumsel sudah berulang kali dilanda bencana longsor dan banjir bandang.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengatakan, setidaknya ada enam kejadian longsor, dan tiga kali banjir bandang yang terjadi di wilayah itu.

"Banjir 13 kali, longsor enam kali, banjir bandang tiga kali dari 33 kejadian. Sisanya kebakatan 10 kali dan puting beliung satu kali. Lokasi di Lahat dan Empat Lawang Sumsel," ucap Ansori kepada Okezone, Rabu (12/2/2020).

Saat ini kata dia, tantangan yang dihadapi oleh BPBD Sumsel serta stakeholder terkait yakni penanggulangan banjir yang melanda sejumlah daerah seperti Musi Rawas, Muara Enim dan Lahat.

Sebelumnya diwartakan, banjir yang terjadi di kawasan Musi Rawas ketinggian air bisa mencapai atap rumah warga. Aktivitas sejumlah sekolah terpaksa diliburkan. Untuk beraktivitas, warga setempat harus menggunakan perahu.

Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan hujan deras disertai angin kencang dan petir. Orangtua juga diimbau tidak membiarkan anak-anak mereka mandi di aliran sungai mengingat derasnya dan tingginya debit air sungai.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini