nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudan Setuju Bayar Kompensasi pada Keluarga Korban Pengeboman USS Cole

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 17:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168559 sudan-setuju-bayar-kompensasi-pada-keluarga-korban-pengeboman-uss-cole-YDEmY1i2WI.jpg Lubang akibat serangan di lambung USS Cole. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Pemerintah transisi Sudan setuju untuk membayar kompensasi bagi keluarga 17 pelaut Amerika Serikat (AS) yang pengeboman kapal "USS Cole" 20 tahun yang lalu. Langkah itu diambil sebagai upaya menghapus Sudan dari daftar hitam negara pendukung teroris yang disusun AS.

Pejabat pemerintah transisi Sudan mengatakan penandatanganan kesepakatan pembayaran kompensasi itu dilakukan dengan pihak keluarga para pelaut pekan lalu di Washington. Meski rincian isi kesepakatan itu tidak diungkapkan, sebuah laporan menyebutkan bahwa Sudan sepakat membayar USD30 juta kepada keluarga para korban.

BACA JUGA: Diserang Teroris saat Isi Bahan Bakar di Yaman, 17 Pasukan Militer AS Tewas

Dalam keterangan yang dilansir VOA, Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan, Amerika terus menimbang untuk menghapus Sudan dari daftar negara pendukung terorisme, namun belum ada keputusan yang diambil.

BACA JUGA: Tersangka Dalang Pengeboman Kapal AS 'USS Cole' Tewas dalam Serangan Udara

Pada 12 Oktober 2000, kapal angkatan laut AS, USS Cole diserang saat sedang mengisi bahan bakar di Pelabuhan Aden, Yaman Selatan, menewaskan 17 pelaut dan melukai 30 lainnya. Al Qaeda mengklaim tanggung jawab atas serangan itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini