nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Jambi Diimbau Terima WNI yang Selesai Diobservasi di Natuna

Azhari Sultan, Okezone · Sabtu 15 Februari 2020 10:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 15 340 2168864 warga-jambi-diimbau-terima-wni-yang-selesai-diobservasi-di-natuna-RzZwpQ31Ca.jpg Ilustrasi antisipasi virus korona. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

JAMBI – Berdasarkan surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia rencananya ada empat warga Provinsi Jambi yang diobservasi di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, selama 14 hari akan dipulangkan. Setelah selesai menjalani observasi, mereka dinyatakan terbebas dari virus korona atau Covid-19.

Maka itu, Pemerintah Provinsi Jambi mengimbau kepada seluruh masyarakat di sana agar bisa menerima dengan baik kepemulangan para saudara mereka itu.

Baca juga: Ini Alur Pemulangan 238 WNI yang Selesai Diobservasi di Natuna 

"Di Jambi tercatat ada empat orang. Tentunya Pak Gubernur Jambi Fachrori Umar mengimbau kepada masyarakat Provinsi Jambi dapat menerima kedatangan mereka dengan baik," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah kepada Okezone, Sabtu (15/2/2020).

Di samping itu, warga Jambi diimbau tidak takut kepada mereka. "Bagi warga Jambi jangan takut. Jangan takut bergaul, karena mereka tidak terkena virus korona," jelasnya.

"Karena menurut protokol kesehatan usai dievakuasi dan diobservasi selama 14 hari di Natuna, keempatnya dinyatakan bebas dari virus korona," tegasnya.

Baca juga: Pemprov Jatim Siapkan Tim Trauma Healing bagi 65 Warga Jatim Sepulang dari Natuna 

Sebelumnya keempat warga Jambi tersebut adalah bagian dari 238 WNI yang divekuasi oleh pemerintah dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China, dampak penyebaran kasus virus korona.

"Seluruhnya diobservasi dan dikarantina selama 14 hari di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, supaya diketahui apakah mereka mengidap virus korona atau tidak," tuturnya.

Selama masa observasi, sambung dia, mereka juga diberikan berbagai kegiatan untuk menyemangatinya. Sedangkan masa observasi berakhir pada hari ini, Sabtu 15 Februari 2020, pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Cerita Kakak Mahasiswi Asal Bengkulu yang Selesai Diobservasi di Natuna 

"Berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor SR.02.02/Menkes/89/2020 dinyatakan bahwa masa observasi akan berakhir pada Sabtu 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB, dengan ketentuan tidak ada satu pun di antara warga yang diobservasi dan tim pendukung mempunyai gejala dan tanda berkaitan dengan coronavirus disease (Covid-19)," paparnya.

Kemenkes, lanjut dia, akan memberikan surat keterangan sehat kepada seluruh warga yang diobservasi.

Baca juga: 9 Warga Papua Barat Turut Dipulangkan Usai Diobservasi di Natuna 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini