nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seorang Penumpang Kapal Pesiar Westerdam Teruji Positif Virus Covid-19 di Malaysia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 11:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 17 18 2169567 seorang-penumpang-kapal-pesiar-westerdam-teruji-positif-virus-covid-19-di-malaysia-bvMljEMSHN.jpg Foto: Okezone.

SIHANOUKVILLE – Perusahaan operator kapal pesiar Westerdam yang berlabuh di Kamboja mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pemerintah dan pakar kesehatan untuk melacak seorang mantan penumpangnya yang dikonfirmasi terinfeksi virus korona Covid-19. Perempuan warga negara Amerika Serikat (AS) itu dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Malaysia.

Perusahaan pelayaran, yang dimiliki oleh raksasa pelayaran Carnival Corp, mengatakan tidak ada satu pun dari 1.454 penumpang dan 802 awak Westerdam lainnya yang melaporkan gejala infeksi virus tersebut.

BACA JUGA: Ditolak 4 Negara Dampak Virus Korona, 2 Ribu Penumpang Kapal Pesiar Terdampar

"Para tamu yang telah kembali ke rumah akan dihubungi oleh departemen kesehatan setempat dan diberikan informasi lebih lanjut," demikian disampaikan perusahaan dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Senin (17/2/2020).

Para penumpang telah diizinkan bepergian oleh otoritas Kamboja setelah melalui pemeriksaan kesehatan ketika kapal pesiar itu merapat pada Kamis, 13 Februari 2020. Westerdam menghabiskan dua pekan di laut setelah ditolak oleh Jepang, Taiwan, Guam, Filipina dan Thailand.

Tetapi pada Sabtu, 15 Februari 2020, Malaysia mengatakan seorang wanita AS yang tiba di Kuala Lumpur dengan penerbangan carter pada Jumat telah terbukti positif untuk virus korona baru atau Covid-19. Suami wanita itu dites negatif virus Covid-19.

Pejabat pihak berwenang Malaysia mengatakan sekira 137 dari 145 penumpang dalam penerbangan carteran telah berangkat ke negara lain setelah tidak menunjukkan tanda-tanda sakit, kata pihak berwenang Malaysia. Sementara pejabat Thailand mengatakan bahwa puluhan penumpang Westerdam telah terbang melalui Thailand dan selanjutnya ke negara-negara lain.

BACA JUGA: Ditolak 5 Negara karena Takut Covid-19, Kapal Pesiar MS Westerdam Berlabuh di Kamboja

Sedikitnya 236 penumpang dan 747 awak tetap berada di atas kapal di lepas pantai kota pelabuhan Sihanoukville, kata Holland America. Penumpang lainnya berada di hotel-hotel di Phnom Penh, Ibu Kota Kamboja.

Holland America mengatakan sedang bekerja dengan pejabat kesehatan di Malaysia dan Kamboja dan para ahli di Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menangani kasus ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini