nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang dari Natuna, Mahasiswi Klaten Ini Kembali Berkumpul Bersama Keluarga

Bramantyo, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 20:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 17 512 2169937 pulang-dari-natuna-mahasiswi-klaten-ini-kembali-berkumpul-bersama-keluarga-2ITycVuPUa.png Hilyatu Millati Rusdiyah bersama suaminya Ahmad Syaifuddin Zuhri. (Foto: Bramantyo/Okezone)

KLATEN – Senyum gembira terpancar dari wajah Ahmad Syaifuddin Zuhri, warga Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang menyambut kepulangan istrinya Hilyatu Millati Rusdiyah yang telah selesai menjalani observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Millati merupakan salah satu mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Selama di Negeri Tirai Bambu, ia tercatat sebagai mahasiswa PhD Administrasi Bisnis Chongqing University, Kota Chongqing.

Sejak wabah virus korona atau Covid-19 merebak, Millati termasuk warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi pemerintah dari China.

Usai menjalani masa observasi selama dua minggu, Millati bersama ratusan WNI lainnya dinyatakan sehat dan negatif virus korona atau Covid-19.

"Dari tim kesehatan yang memantau kesehatan kami secara penuh, menyatakan saya dalam kesehatan dan dibuktikan dengan keluarnya sebuah sertifikat dari Kementrian Kesehatan," jelas Milla kepada Okezone, Senin (17/2/2020).

Ia mengatakan, awal munculnya virus korona atau Covid-19 yakni pada akhir Desember 2019 dan berasal dari sebuah pasar ikan segar di Kota Wuhan. Saat itu belum terkonfirmasi jenis virusnya seperti apa dan bagaimana bisa menular.

Baru seminggu setelahnya virus tersebut terkonfirmasi sebagai korona. Virus jenis baru, hanya saja saat belum bisa dipastikan bahwa bisa menular antarmanusia.

Ketika itu masih dikonfirmasi bahwa virus tersebut hanya bisa menular ke hewan. Namun baru diketahui virus tersebut dapat menjangkiti manusia melalui udara baru pada 20 Januari 2020.

"Setelah para ahli mulai mengonfirmasi bahwa virus tersebut bisa menular antarmanusia dan saat itu jumlah korbannya mulai meningkat secara drastis," jelasnya.

Milla menyatakan banyak berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang sudah mengevakuasi dirinya dan mahasiwa Indonesia lainnya dari Wuhan.

"Pemerintah sangat perhatian, khususnya masalah kesehatan, selama menjalani observasi. Kami setiap hari berolahraga. Selama dirawat berolahraga. Diberi vitamin dan menjaga hidup sehat," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Tulung Suyamto mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tidak takut dan khawatir terhadap kepulangan Milla di kampung halaman. Sebab dia sudah dinyatakan sehat walafiat.

"Masyarakat jangan takut, jangan khawatir. Apabila ada masyarakat yang ketakutan nantinya juga diadakan sosialisasi bersama pemdes," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini