Share

Kota di China Kerahkan Tank Mini Perangi Virus Korona

Rachmat Fahzry, Okezone · Selasa 18 Februari 2020 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 18 2170437 kota-di-china-kerahkan-tank-mini-perangi-virus-korona-k1dWS4blKy.JPG Tank mini menyemprotkan dairan disenfektan. (Foto/Pear Video/Daily Mail)

TAIYUAN - Sebuah kota di China mengerahkan tank mini yang dikendalikan dari jarak jauh untuk memerangi virus korona atau Covid-19, dengan menyemprotkan disinfektan ke daerah perumahan.

Mesin tak berawak itu berjalan sekitar 2,7 mil per jam, dan dapat mensterilkan area seluas 12 hektare per jam.

Tank mini itu muncul di berbagai lingkungan di Taiyuan, Provinsi Shanxi di China Tengah, sejak 4 Februari 2020, mengutip Daily Mail, Selasa (18/2/2020).

Masing-masing perangkat ini dapat membawa 199 kilogram disinfektan dan menyemprotkan cairan dalam radius 7 meter, menurut Hou Yongfei, wakil direktur Asosiasi Drone Provinsi Shanxi.

Tank mini sebelumnya digunakan oleh penjara untuk melakukan pekerjaan sanitasi, sedangkan oleh petani artileri tersebut digunakan untuk mendistribusikan pestisida.

"Sekarang setiap kompleks perumahan dengan kasus yang dikonfirmasi akan didesinfeksi [oleh tank] dua kali sehari," kata Hou kepada media China The Paper.

Baca juga: Indonesia Minta Jepang Jamin Hak-Hak 78 WNI di Kapal Diamond Princess

Baca juga: 3 WNI Positif Virus Korona di Kapal Diamond Princess Dibawa ke Chiba

Dia mengatakan tank mini memungkinkan petugas kesehatan untuk mendekontaminasi daerah yang terkena virus tanpa risiko terinfeksi Covid-19, yang telah menewaskan lebih 1.800 orang dan menginfeksi lebih dari 71.440 di dunia.

Salah satu daerahnya yang didatangani tank mini adalah Distrik Perumahan Chenjing Tiandi, sebuah kompleks berpenduduk lebih dari 2.700 kepala keluarga.

“Kemarin, dua tank datang ke kompleks kami dan pergi ke semua bangunan, koridor, dan halaman untuk disinfeksi. Hasilnya bagus dan sangat nyaman," ujar Hou.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini