nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebagian Jalan di Wonogiri Gelap Dampak Kekurangan Lampu PJU

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 16:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 24 512 2173328 sebagian-jalan-di-wonogiri-gelap-dampak-kekurangan-lampu-pju-IRYus3dCn3.jpg Lampu penerangan jalan umum. (Foto: Solopos)

WONOGIRI – Sebagian ruas jalan di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, gelap. Hal ini dampak daerah tersebut masih kekurangan 32.550 lampu penerangan jalan umum.

Mengutip dari Solopos, Senin (24/2/2020), angka kekurangan lampu PJU berdasarkan hasil penghitungan Dinas Perhubungan Wonogiri. Sementara dari data yang dihimpun, kebutuhannya mencapai 38.253 unit lampu PJU.

Baca juga: Belum Dibuatkan Talut, Tebing di JLK Wonogiri Rawan Longsor 

Angka tersebut dihitung berdasarkan jalan kabupaten, provinsi, dan nasional sepanjang 1.118,056 kilometer sesuai Detail Engineering Design (DED) PJU Dishub Wonogiri 2017.

Berdasarkan kebutuhan itu, sampai 2019 lampu PJU di Wonogiri tercatat baru ada 5.694 unit. Rinciannya, PJU hingga 2016 yang tercantum dalam DED ada 3.751 unit, tersebar di 25 kecamatan.

Jumlah tersebut ditambah data PJU 2017–2019 yang dihitung Dishub Wonogiri. Selama tiga tahun itu lampu PJU ada 1.943 unit. Jika dikalkulasi, Kabupaten Wonogiri masih kekurangan 32.559 lampu PJU.

Dilaporkan, kebutuhan lampu PJU tidak bisa dipenuhi dalam tempo singkat. Hal itu karena Pemerintah Kabupaten Wonogiri hanya mengandalkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Baca juga: Truk Pasir Terguling ke Sawah di Wonogiri, Diduga Akibat Sopir Ngantuk 

Setiap tahun bantuan lampu PJU kurang dari 1.000 unit. Pada 2017, Dishub Wonogiri hanya menerima bantuan lampu PJU sebanyak 346 unit dari Pemprov Jateng melalui bantuan keuangan provinsi (benkeuprov).

Setahun kemudian Dishub Wonogiri mendapat bantuan cukup banyak 1.246 unit. Terdiri dari 815 unit pemberian Pemprov Jateng dan 431 unit dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kemudian pada 2019, Dishub Wonogiri memeroleh 324 unit lampu PJU.

Kepala Dishub Wonogiri Ismiyanto tidak memungkiri lampu PJU di wilayahnya masih kurang banyak. Akibatnya, penerangan jalan hingga kini belum optimal.

Ia menerangkan, Dishub Wonogiri tidak mendapat alokasi anggaran untuk pengadaan lampu PJU dari APBD, sehingga pengadaan hanya mengandalkan bantuan dari Pemprov Jateng maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Ibu di Wonogiri Tewas Dipukul Anaknya Pakai Batu 

Dirinya tidak mempermasalahkan hal itu, sebab Pemkab Wonogiri masih fokus pada realisasi program lain yang dipandang lebih krusial, seperti pendidikan, kesehatan, dan mengatasi kekeringan di wilayah selatan.

"Tahun ini yang sudah pasti akan terealisasi pemasangan 19 unit PJU di ruas jalan menuju Wisata Puncak Joglo, Desa Sendang. Itu bantuan dari DAK (APBN) senilai Rp300 juta. PJU yang dipakai masih konvensional," kata Ismiyanto ketika ditemui Solopos di kantornya.

Sementara Kepala Bidang Angkutan Teknis Sarana dan Prasarana Dishub Wonogiri Bambang Sutrasno menambahkan pihaknya harus mencari cara dapat penambahan lampu PJU.

Dia mengungkapkan, selama ini Dishub Wonogiri selalu berkoordinasi dengan Pemprov Jateng maupun kementerian terkait yang memiliki program pengadaan lampu PJU. Koordinasi penting untuk mengetahui ada tidaknya alokasi anggaran pengadaan PJU.

Baca juga: Terjadi Tanah Longsor di Wonogiri, Jalan dan Rumah Tertimpa 

Dirinya bersyukur Kementerian ESDM memiliki program pengadaan lampu PJU tenaga surya. Tidak ingin melewatkan peluang itu, Dishub Wonogiri mengajukan permohonan bantuan lampu PJU tenaga surya tiap tahun.

"Kami mengajukan permohonan bantuan sejak 2017. Alhamdulillah selalu dapat. Pada 2018, kami dapat 431 unit. Tahun ini kami mengajukan bantuan 540 unit. Semoga diberi lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini