nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arab Saudi Bekukan Perjalanan Umrah, Ratusan Jamaah Menumpuk di Bandara Juanda

Pramono Putra, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 15:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 519 2175031 arab-saudi-bekukan-perjalanan-umrah-ratusan-jamaah-menumpuk-di-bandara-juanda-Lnm96M2QqB.jpg Ilustrasi

SIDOARJO - Ratusan calon jamaah umrah asal sejumlah daerah di Jawa Timur, yang tengah melakukan persiapan terbang di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, akhirnya harus kecewa dan meredam keinginannya karena gagal terbang.

Keputusan ini terkait dengan adanya kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan seluruh kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya, terkait mewabahnya virus corona, yang diumumkan Kamis pagi (27/2/2020).

Ratusan calon jamaah umrah yang seharusnya terbang sekira pukul 4 sore dan sudah menunggu sekitar 3 jam di Bandara Juanda ini terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk berangkat umrah.

Keputusan pembatalan terbang ini diumumkan oleh pihak maskapai sekitar pukul 13.30 WIB, yang langsung dikomunikasikan ke pihak biro perjalanan travel yang memberangkatkan calon jamaah umrah.

Baca Juga: Jamaah Umrah Menumpuk di Bandara Soetta Pasca-Penutupan Penerbangan ke Arab Saudi

Akibatnya, ratusan calon jamaah umrah menumpuk di ruang tunggu Bandara Juanda. Setelah diumumkan gagal berangkat oleh pihak biro perjalanan travel, mereka diijinkan untuk istirahat sejenak, untuk kemudian balik ke rumahnya masing-masing dengan biaya perjalanan yang ditanggung oleh pihak biro perjalanan.

Mereka pun dijanjikan akan segera diberangkatkan lagi oleh biro perjalanan, setelah pihak pemerintah Saudi mengizinkan kembali kunjungan umrah ke negaranya.

"Karena memang sudah diumumkan oleh pihak maskapai untuk gagal terbang. Tapi kita berjanji akan memberangkatkan jamaah lagi usai Saudi membuka perjalanan umrah," jelas salah satu pengurus biro perjalanan, Ali Afandi.

Sementara itu, salah satu jamaah umrah, Uci Setyowati mengaku kecewa gagal berangkat. Ia mengaku sudah mempersiapkan segalanya untuk berangkat ke Tanah Suci.

"Ya sedih gagal berangkat, sudah siap semua," jelas jamaah umrah asal Surabaya itu.

Sementara itu, sebelum diputuskan untuk gagal terbang pada penerbangan sore hari, penerbangan umrah menuju Arab Saudi dari Bandara Internasional Juanda Surabaya yang sebelumnya sudah terbang sekitar pukul 11 siang, juga terpaksa balik surabaya.

Hal itu seiring adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan seluruh kunjungan umrah ke negaranya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini