nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Setinggi 1 Meter Rendam Ribuan Rumah 8 Desa di Cilacap

Sindonews, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 16:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 28 512 2175670 banjir-setinggi-1-meter-rendam-ribuan-rumah-8-desa-di-cilacap-cdhiCTUVyq.jpg (Foto: Sindonews.com/Heri Susanto)

CILACAP - Ribuan rumah di 8 desa di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), terendam banjir, Jumat (28/2/2020). Ketinggian banjir setinggi 50 cm hingga 1 meter.

Delapan desa yang terendam banjir adalah Desa Sidareja, Gunungreja, Tegalsari, Tinggarjaya, Sidamulya, Sudagaran, Wringinharjo, dan Bangunreja.

Curah hujan tinggi yang terjadi selama berjam-jam, menjadi pemicu banjir yang menggenangi ribuan pemukiman penduduk ini. Genangan banjir diperparah dengan meluapnya Sungai Ciberem yang tak mampu menahan debit air, usai di guyur hujan deras selama beberapa jam.

Baca juga: Hiu Paus Terdampar Mati di Pantai Kulonprogo, BKSDA Ambil Sampel

Banjir terparah terjadi di Desa Sidareja, Cecamatan Sidareja, dengan ketinggian lebih dari satu meter. Selain merendam rumah penduduk, banjir juga merendam jalan-jalan penghubung antardesa. Akibatnya, banjir membuat perekonomian lumpuh.

Sadiman, salah seorang warga korban banjir mengatakan, meski banjir menggenangi pemukiman penduduk, namun warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Sementara itu, BPBD Cilacap mengimbau warga waspada kembali naiknya genangan banjir jika hujan kembali turun.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini