Profil Singkat Perdana Menteri Baru Malaysia Muhyiddin Yassin

Medikantyo, Okezone · Minggu 01 Maret 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 18 2176377 profil-singkat-perdana-menteri-baru-malaysia-muhyiddin-yassin-BeQSWSJhif.jpg Muhyiddin Yassin resmi disumpah menjadi Perdana Menteri Malaysia yang baru. (Foto: Bernama))

KUALA LUMPUR - Pelantikan Muhyiddin Yassin sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia baru pada Minggu (1/3/2020) tidak diperkirakan sebelumnya. Namanya tidak muncul sebagai calon kuat pengganti Mahathir Mohamad, yang mengundurkan diri sebagai PM sebelumnya pada Senin 24 Februari.

Menjabat posisi sebagai Perdana Menteri bisa disebut puncak karier politik sosok 72 tahun tersebut. Muhyiddin Yassin sempat menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri di era kepemimpinan PM Najib Razak, sampai diberhentikan pada 2015 akibat mengkritisi dugaan korupsi yang menyeret atasannya.

Muhyiddin Yassin

(Muhyiddin Yassin resmi jadi Perdana Menteri Baru Malaysia. Foto: Bernama)

Karier politik Muhyiddin berawal dari anggota parlemen Malaysia yang mewakili wilayah Pogoh di negara bagian Johor sejak 1978. Seperti dilansir dari laman Bernama, Muhyiddin memegang jabatan tersebut selama lima periode. Setelahnya, Muhyiddin banyak mengemban jabatan di posisi menteri di bawah empat PM berbeda.

BACA JUGA: Muhyiddin Yassin Resmi Disumpah Jadi PM Baru Malaysia

Diawali dari posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (1995-1999), Menteri Perdagangan Domestik (1999-2004), Menteri Pertanian dan Industri Pangan (2004-2008), Menteri Perindustrian dan Perdagangan Luar Negeri (2008-2009), hingga Menteri Pendidikan (2009-2015).

Bersama kabinet Pakatan Harapan bentukan Mahathir Mohamad sejak 2018, Muhyiddin menempati posisi sebagai Menteri Dalam Negeri. Jabatan tersebut diperkirakan berkaitan dengan hubungan keduanya sebagai pendiri Partai Pribumi Bersatu Malaysia atau Bersatu salah satu pembentuk koalisi Pakatan Harapan.

Muhyiddin lahir dari keluarga pemuka agama sekaligus anggota parlemen wilayah Johor, Muhammad Yassin Muhammad. Seperti ditulis dalam buku "Berani Tanpa Segan" karya Tan Sri Abdullah, disebutkan Muyiddin memiliki keturunan Bugis-Jawa dari garis ayah dan ibunya.

Pendidikan terakhir diselesaikan Muhyiddin di Universitas Malaya setempat dan sempat bekerja di berbagai perusahaan milik negara. Muhyiddin menikahi istrinya, Puan Sri Norainee Abdul Rahman, pada 1972 dan diketahui memiliki empat orang anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini