Jangan Panik, Tak Semua Orang Wajib Pakai Masker Hindari Korona

Taufik Budi, Okezone · Selasa 03 Maret 2020 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 512 2177657 jangan-panik-tak-semua-orang-wajib-pakai-masker-hindari-korona-hbWtrCxfxm.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

SEMARANG - Masker banyak diburu masyarakat karena dianggap sebagai cara paling mudah untuk menangkal penyebaran virus korona atau covid-19. Tak heran, stok masker di pasaran makin menipis karena banyak diborong untuk persediaan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Yulianto Prabowo mengatakan, masih terdapat cara mudah dan efektif untuk mencegah penularan virus korona. Pola hidup sehat dan rajin cuci tangan tak kalah ampuh untuk menghindari penularan Covid-19.

 Infografis Seputar Virus Korona

Dia pun menegaskan, tak semua orang wajib mengenakan masker sebagai langkah pencegahan virus korona. Terlebih di daerah yang relatif aman dari penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut.

"Kami sampaikan bahwa yang wajib menggunakan masker adalah mereka yang sakit, para tenaga kesehatan yang berhubungan dengan pasien atau mereka yang tinggal di daerah rentan," kata Yulianto, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: MUI Ajak Masyarakat Perbanyak Wudhu untuk Cegah Virus Korona 

Masyarakat diimbau tak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang berseliweran dan berpotensi meresahkan. Selain itu, juga tak perlu membeli masker dalam jumlah besar-besaran, karena stoknya dipastikan aman.

"Jadi, tidak semuanya harus menggunakan masker. Produksi masker memang terbatas, namun untuk Jawa Tengah stoknya aman asalkan digunakan sesuai kebutuhan,” tutur dia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini