Penimbun Masker Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 03 Maret 2020 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 519 2177717 penimbun-masker-terancam-hukuman-5-tahun-penjara-sebUd4PRRy.jpg Masker sulit dicari di pasaran (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Polisi menegaskan akan menindaktegas oknum tak bertanggung jawab yang menimbun masker di tengah mewabahnya Covid-19 atau virus korona. Ancaman hukuman bagi sang penimbun adalah 5 tahun penjara.

"Jadi perlu saya jelaskan, bahwa semua kaitan dengan penimbunan ataupun penyimpanan yang dilakukan secara berlebihan khususnya masker ataupun hand sanitizer ataupun peralatan kesehatan lain, yang tujuannya hanya untuk memperkaya diri sendiri atau menguntungkan diri sendiri itu bisa kita proses," ujar Kapolresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata, Selasa (3/3/2020).

Leo menjelaskan, oknum yang penimnbun masker dan alat kesehatan lainnya nantinya akan terancam dengan hukuman hingga lima tahun kurungan penjara.

"Kita akan melakukan penyelidikan terhadap pihak yang terduga menimbun masker, akan kami kenakan UU Perdagangan, bisa juga kita kenakan UU Perindustrian, UU Perlindungan Konsumen itu bisa ditahan lima tahun lebih pidananya. UU Kesehatan dan juga UU yang berkaitan dengan SNI juga bisa dikenakan," imbuhnya.

Ia berharap, tak ada oknum nakal yang melakukan aksi penimbunan tak tumbuh di Kota Malang. Meski demikian, Polresta Malang Kota hingga saat ini disebut Leo belum menemui kasus penimbunan.

Baca Juga : Jangan Panik, Tak Semua Orang Wajib Pakai Masker Hindari Korona

"Kita harap sih tidak terjadi di Kota Malang. Jangan ada yang berani menyimpan jadi kepentingan pribadi. Sampai saat ini sih tidak ada," ujarnya.

Sementara ini, Leo akui sudah perintahkan satuan reserse baik di Polres maupun Polsek untuk menindaklanjuti informasi terkait penimbunan. Leo tak mau ada kelangkaan di masyarakat Kota Malang. "Sudah kita lakukan patroli," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini