nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jabar Patroli Cyber Telusuri Penimbun Masker dan Penyebar Hoaks soal Korona

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 13:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 04 525 2177977 polda-jabar-patroli-cyber-telusuri-penimbun-masker-dan-penyebar-hoaks-soal-korona-jeVALrfPZ6.jpg Ilustrasi

BANDUNG - Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol S. Erlangga mengatakan polisi tengah melakukan pendalaman terkait dengan adanya dugaan penimbunan masker sehingga menyebabkan kelangkaan.

"Kita lakukan pendalaman terkait dugaan penimbunan ini. Kita juga lakukan patroli cyber, untuk menangkal hoaks terkait virus korona ini. Kalau ada penimbunan dan berita hoaks, pasti kita tindak sesuai undang-undang yang berlaku," kata Erlangga, saat di hubungi, melalui sambungan teleponnya di waktu yang sama, Rabu (4/3/2020).

Sebelumnya, masker dan hand sanitizer menjadi hal langka di Kota Bandung. Hal tersebut terjadi pasca-menyebarnya Virus Korona di berbagai negara. Beberapa apotek di Kota Bandung, tidak miliki stok masker.

"Stoknya kosong. Kalau ada kemarin terakhir kita jual seharga Rp350 ribu, kalau dulu paling Rp20 ribu," kata Rifki, seorang petugas apotek, di Jalan Wastukencana, saat ditemui.

Baca Juga: Bupati Bekasi Pastikan Warganya Meninggal Bukan karena Virus Korona

Stok masker juga kosong di apotek yang berada di Jalan Merdeka, Kota Bandung. Melda petugas apotek itu mengatakan, tiga hari lalu ia menjual stok masker terakhir seharga enam ribu untuk satu masker.

"Biasanya juga kita jual cuma seribu. Soalnya harga dari distributor kita mencapai 250 sampai 300 ribu," kata dia.

Padahal, dari hasil pengecekan pihak Polres Cimahi ke PT. Hetzer Medical Indonesia, pabrik pembuat Masker, di Jalan Leuwigajah, Kota Cimahi, diketahui mereka tidak mengurangi memproduksi masker.

Bahkan dalam satu harinya, pabrik tersebut memproduksi 200 dus masker, yang di distributorkan ke seluruh Indonesia.

"Sampai saat ini produksi masker tidak ada kendala dan tetap berjalan normal," kata Kapolres Cimahi, AKBP Yoris. M. Y. Marzuki, saat dihubungi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini