Presiden Xi Jinping Kunjungi Wuhan untuk Pertama Kalinya Sejak Dimulainya Wabah Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 10 Maret 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 18 2181149 presiden-xi-jinping-kunjungi-wuhan-untuk-pertama-kalinya-sejak-dimulainya-wabah-covid-19-gzumrQ95I7.jpg Foto: Okezone.

WUHAN - Presiden China Xi Jinping mengunjungi Wuhan yang merupakan pusat penyebaran wabah virus korona baru (COVID-19) pada Selasa, 10 Maret 2020. Ini merupakan kunjungan pertama Xi ke Wuhan sejak epidemi dimulai dan sebuah tanda bahwa Beijing yakin upayanya untuk mengendalikan virus sedang bekerja.

Kedatangannya di kota itu terjadi setelah penyebaran virus korona di daratan China telah melambat tajam dalam sepekan terakhir dan karena perhatian telah beralih untuk mencegah infeksi di titik-titik panas di luar negeri seperti Iran , Italia, dan Korea Selatan.

"Jelas bahwa Xi tidak mungkin mengunjungi Wuhan lebih awal karena risiko dia tertular virus pada awalnya terlalu tinggi," kata Profesor Universitas Renmin di Beijing, Zhang Ming kepada Reuters, Selasa (10/3/2020).

“Dia ada di sana sekarang untuk menuai panen. Keberadaannya di sana berarti PKC (Partai Komunis China) dapat segera mengumumkan kemenangan melawan virus, ”kata Zhang.

Kantor berita Xinhua mewartakan, selama perjalanannya ke Wuhan, Xi akan "mengunjungi dan menyampaikan salam kepada pekerja medis, perwira militer dan tentara, pekerja masyarakat, petugas polisi, pejabat dan sukarelawan yang telah memerangi epidemi di garis depan, serta pasien dan penduduk selama inspeksi".

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) pada Senin, 9 Maret 2020, melaporkan 19 infeksi virus korona baru, turun dari 40 kasus yang dilaporkan pada hari sebelumnya. Angka itu membuat jumlah total kasus yang dikonfirmasi di daratan China sejauh ini menjadi 80.754.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini