Pentingnya Cuci Tangan untuk Cegah Kuman, Cek Kurasi Tokopedia!

Wilda Fajriah, Okezone · Kamis 12 Maret 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 1 2181683 pentingnya-cuci-tangan-untuk-cegah-kuman-cek-kurasi-tokopedia-JviMLxrr8a.jpg Mencuci tangan (Foto: Pexels)

JAKARTA - Mencuci tangan seringkali dipandang sepele. Padahal, kebiasaan ini jika diterapkan secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pakar kesehatan spesialis anak dr Kanya Fidzuno mengatakan, penyakit yang sering diderita oleh anak usia sekolah, yaitu batuk, pilek, diare, dan mata merah.

Semua itu dapat disebabkan karena kuman yang menumpuk di tangan. Di mana kuman tersebut datang dari aktivitas anak, seperti memegang benda atau bermain pasir.

Untuk menjaga kesehatan anak, diperlukan dukungan lingkungan yang sehat, mulai dari rumah, sekolah, hingga lingkungan masyarakat yang lebih luas. Sekolah merupakan salah satu lingkungan di mana anak-anak banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan berinteraksi.

Namun di saat yang bersamaan, risiko tertular penyakit juga tinggi. Untuk itu, perlu menjaga kesehatan tubuh dan kebiasaan yang baik untuk mencegah tubuh terserang kuman.

Dia menambahkan, cuci tangan pakai sabun merupakan cara termudah, murah, dan efektif dalam mencegah penyakit. Berdasarkan data UNICEF 2018, sebanyak 440.521 anak di dunia meninggal karena diare. Diare adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh anak sekolah.

Hal ini disebabkan karena paling banyak penyebarannya melalui aktivitas di toilet, feses, lalu ke oral. Cara pencegahannya mudah sekali. Cukup dengan rutin menanamkan langkah mudah cuci tangan pakai sabun. Sebelum makan, setelah bermain, dan setelah aktivitas di toilet. Mudah, murah, dan terbukti efektif. Tanamkan sejak dini supaya jadi kebiasaan baik. Buat kegiatan cuci tangan pakai sabun ini jadi menyenangkan.

Ada enam langkah cuci tangan pakai sabun yang tepat dan bisa diterapkan:

1. Awali dengan basahi tangan dan gosok telapak tangan dengan sabun.

2. Gosok sabun ke telapak punggung tangan kanan dan kiri.

3. Gosok sabun di selah-sela jari.

4. Bersihkan punggung jari dengan gerakan jari saling mengunci.

5. Bersihkan jempol kanan dan kiri dengan jempol digosok memutar.

6. Bersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup dan akhiri dengan basahi tangan kembali dan keringkan.

Selain menggunakan sabun, membersihkan tangan saat bepergian juga bisa dilakukan dengan menggunakan. Hand sanitizer juga bisa menjaga kebersihan tangan. Hand sanitizer adalah pengganti sabun cuci tangan praktis. Kandungan hand sanitizer telah disempurnakan untuk membersihkan tangan untuk membunuh kuman.

Dikutip dari CDC, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dilakukan bila tidak ada air. Adapun, hand sanitizer yang mesti digunakan harus mengandung 60% alkohol. Untuk mendapatkan hand sanitizer, Anda bisa membeli secara online melalui Tokopedia.

Tokopedia adalah marketplace terbesar di Indonesia yang memiliki pilihan terlengkap dari beragam kategori dimana pembeli dapat berbelanja di platform yang terpercaya dan merasakan keuntungan seperti bebas ongkir sepuasnya.

1

Saat ini, Tokopedia menawarkan program menarik, yaitu Tokopedia Peduli Sehat ada beragam perlengkapan/produk untuk menjaga kesehatan pribadi dan keluarga, mulai dari masker, produk herbal, perlengkapan bersih-bersih, vitamin & suplemen, antiseptic & hand sanitizer, termometer & UV. Semuanya mulai dari Rp 10 ribu saja.

Anda juga tidak boleh lupa untuk menyediakan dan Lengkapi Persediaan Rumah. Ragam kebutuhan rumah tangga, mulai dari bahan makanan dan kebutuhan bayi (popok dan susu) juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan keluarga di musim pancaroba. Semuanya mulai dari Rp 20 ribu, dengan kategori sembako, lauk pauk, makanan kering, minuman, buah dan sayur, susu, makanan, hingga popok bayi. (cm)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini