Darurat Masker, Thailand Dorong Warga Gunakan Pelindung dari Kain Bekas

Medikantyo, Okezone · Kamis 12 Maret 2020 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 18 2182470 darurat-masker-thailand-dorong-warga-gunakan-pelindung-dari-kain-bekas-DxbW9eWUNv.jpg Ilustrasi masker menangkal virus korona (Foto: Okezone.com/Newshub)

BANGKOK - Pemerintah Thailand mendorong warganya untuk menggunakan masker berbahan kain di kediaman masing-masing. Hal ini dimaksudkan sebagai perlindungan terhadap penyebaran virus korona, terlebih temuan kasus terinfeksi di Thailand cenderung melonjak.

Otoritas setempat sudah memasukkan masker dan cairan pembersih tangan (hand sanitizier) dalam daftar komoditas dengan pengawasan ketat sejak bulan lalu. Langkah itu juga merupakan reaksi atas kelangkaan yang terjadi di kebanyakan lokasi seperti apotek dan pasar swalayan.

Dana sebesar 225 juta Baht telah dikeluarkan Pemerintah Thailand untuk membiayai produksi masker berbahan kain, sebagai pengganti dari alat pelindung diri dengan standar medis. Sebuah lembaga milik pemerintah ditargetkan memproduksi 50 juta unit masker tersebut dalam hitungan hari untuk kebutuhan domestik.

"Masker berbahan kain mampu melindungi diri Anda dari droplet usai batuk maupun bersin sebagai media penular virus korona. Hal itu dibuktikan melalui pengujian bahkan terhadap droplet berukuran lebih dari satu mikron," kata Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Thailand, Panpimon Wipulakorn, seperti melansir laman Reuters.

Selain memerintahkan produksi massal melalui lembaga negara, Thailand juga menyarankan warganya memproduksi masker berbahan kain bekas secara mandiri. Pejabat seperti Pampimon, disebut Reuters, terlibat langsung dalam membuat video mengenai cara pembuatan masker tersebut secara luas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini