nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Tindak Kejahatan di Tengah Merebaknya Virus Korona

CDB Yudistira, Okezone · Kamis 12 Maret 2020 14:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 12 525 2182241 waspada-tindak-kejahatan-di-tengah-merebaknya-virus-korona-PI6Yyzwt7G.jpg ilustrasi

BANDUNG - Guna mengantisipasi adanya segelintir orang yang ingin memanfaatkan situasi ditengah merebaknya virus Korona, Polda Jabar tengah melakukan kegiatan patroli cyber di media sosial untuk mencari informasi hoax terkait dengan virus korona ini

"Kita sampaikan ke seluruh masyarakat warganet dan pengguna media sosial, bahwa pemerintah sudah menyampaikan secara terbuka informasi terkait dengan penanganan langkah-langkah virus korona,” terang Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Saptono Erlangga, saat ditemui di Mapolda Jabar, Kamis (12/3/2020).

Meski begitu, Erlangga mengatakan, sejauh ini belum ada yang dilakukan pemeriksaan dan penindakan. Ia juga meminta masyarakat untuk dewasa menggunakan media sosial.

“Masyarakat bisa mengacu apa yang disampaikan pemerintah dan tidak untuk menyebarkan berita-berita hoax terkait virus corona. Berisiko dengan UU ITE dan diharapkan kedewasaan dan bijak dalam menyampaikan informasi terkait dengan identitas,” kata dia.

Ia juga meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan modus baru kejahatan terkait virus korona, di mana ada seorang yang berpura-pura menjadi petugas kesehatan dan menawarkan jasa penyemprotan disinfektan untuk mencuri barang berharga.

“Ini sebagai langkah antisipasi kepolisian, terkait imbauan yang kita sampaikan Polda Jabar himbau kepada masyarakat yang isinya agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan kehati-hatian terhadap modus baru yang mengaku petugas dari kesehatan," kata dia.

Baca Juga : Duel Maut Warga Lubuklinggau, Satu Tewas Satu Sekarat

Ia menyebutkan, langkah yang harus dilakukan ketika mendapati adanya petugas tersebut, warga harus meningkatkan kewaspadaan sekaligus menanyakan legalitasnya.

Di antaranya, meminta surat tugas, kemudian mengecek identitas diri yang bersangkutan. Ketika ada yang mencurigakan, segera melaporkan kepada pihak kepolisian maupun pemerintah setempat.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini