Khawatir Covid-19, Nepal Tutup Jalur Pendakian Everest

Medikantyo, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 18 2182883 khawatir-covid-19-nepal-tutup-jalur-pendakian-everest-iJNoFYl4qj.jpg Ilustrasi pendakian gunung Everest (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

KATHMANDU - Nepal menunda penerbitan izin pendakian di kawasan gunung Everest dari wilayah negara itu pada Jumat (13/3/2020). Keputusan ini dilakukan seiring perkembangan terbaru pandemi virus korona (Covid-19), yang juga sudah ditemukan di Nepal.

Larangan aktivitas kegiatan mendaki tidak hanya diterapkan khusus bagi pegunungan Everest, tetapi juga berlaku untuk seluruh kawasan gunung lain di Nepal. Pemerintah setempat juga menyebut tidak akan menerbitkan visa turis terkait penyebaran COVID-19 setidaknya sampai bulan depan.

"Pemerintah Nepal memutuskan untuk menunda seluruh ekspedisi atau pendakian selama musim semi. Kebijakan ini bisa ditinjau kembali melihat situasi penyebaran virus korona dalam sebulan mendatang," kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata India, Yogesh Bhattarai melansir Times Of India.

Musim semi, yang biasa dimulai pada Maret menjadi periode populer bagi para pendaki untuk mendatangi gunung Everest. Situasi cuaca yang cenderung stabil membuat pendaki berpeluang besar untuk menuju puncak.

Pendaki yang berhasil mencapai puncak pada periode musim semi tahun lalu berjumlah 885 orang.

Kekhawatiran mengenai risiko penularan virus Covid-19 pada pendaki Everest selama periode musim semi terbilang wajar.

Setiap tahun anggapan mengenai kepadatan jalur serta terbatasnya ruang akomodasi di sejumlah titik membuat risiko penularan virus penyebab penyakit saluran pernapasan itu.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini