Seluruh Penjuru Pontianak Disemprot Disinfektan, Warga Dingatkan Jangan Remehkan Covid-19

Ade Putra, Okezone · Minggu 22 Maret 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 22 340 2187346 seluruh-penjuru-pontianak-disemprot-disinfektan-warga-dingatkan-jangan-remehkan-covid-19-Yy1OjF5LRD.jpg Penjuru Pontianak Disemprotkan Disinfektan Guna Mencegah Corona (foto: Okezone/Ade Putra)

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Forkopimda, TNI/Polri, petugas pemadam kebakaran (damkar) dan relawan melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum di Kota Pontianak. Seluruh petugas yang terlibat dalam penyemprotan itu menyebar ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono ikut melakukan penyemprotan di lingkungan Kantor Wali Kota dan Taman Digulis Pontianak. Menurutnya, penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Pasien Positif Covid-19 Diminta Isolasi Mandiri jika Hanya Miliki Keluhan Ringan 

"Kita sama-sama menjaga Kota Pontianak dari penyebaran virus corona dan tidak menganggap remeh pandemi ini. Sebab Covid-19 sudah ada di mana-mana," ujarnya saat memberikan arahan kepada seluruh petugas di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Minggu (22/3/2020).

Sebelum dimulainya penyemprotan disinfektan, ia mengingatkan kepada seluruh petugas agar melengkapi diri dengan perlengkapan yang standar seperti masker, topi, kacamata pelindung, sepatu, sarung tangan dan lainnya. Setelah selesai melakukan penyemprotan, para petugas juga harus menyemprotkan disinfektan ke seluruh tubuhnya untuk sterilisasi.

Kemudian, ketika tiba di rumah masing-masing, pakaian dan segala perlengkapan segera dilepas untuk dibersihkan. "Kita tidak tahu kalau kita membawa virus ke rumah sehingga perlu dilakukan pencegahan agar keluarga kita di rumah terhindar dari virus," ucapnya.

Edi menambahkan, ada beberapa titik lokasi yang akan dilakukan penyemprotan. Diantaranya, lokasi di sekitar Pelindo, Pelabuhan Seng Hie, waterfront, promenade, Klenteng di Kapuas Indah, Masjid Al Khalifah di Komplek Kantor Wali Kota, Denpom, RRI, SMPN 1, Taman Digulis serta di beberapa persimpangan. "Untuk teknis pelaksanaannya diatur oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 yakni Kepala BPBD Kota Pontianak," tuturnya.

Kepada para petugas yang bertugas menyemprotkan disinfektan, ia berpesan supaya selalu mengutamakan keselamatan dan mengutamakan lingkungan. "Serta mengingatkan seluruh warga melakukan social distancing dengan menghindari keramaian dan menjaga jarak serta selalu menjaga kebersihan," pesannya.

Baca Juga: 7 Orang di Bogor Positif Virus Corona, 1 Meninggal Dunia 

Hingga saat ini, jumlah orang dalam pemantauan atau ODP di Kota Pontianak, mencapai 144 orang. Secara keseluruhan per 22 Maret ini terdapat 1001 ODP di Kalimantan Barat.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan menjadi 19 orang yang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan. Dua diantaranya terkonfirmasi positif corona. Masing-masing dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soedarso Pontianak dan RSUD Abdul Aziz Singkawang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini