nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dokter Perawat Pasien Corona Makin Jarang Pulang

Taufik Budi, Okezone · Rabu 25 Maret 2020 01:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 24 512 2188556 dokter-perawat-pasien-corona-makin-jarang-pulang-gHCIlh6usl.jpg Illustrasi perawat pasien covid-19 (foto: Okezone.com)

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkap kisah dokter yang merawat pasien terduga kasus virus corona atau Covid-19. Mereka kini semakin jarang pulang demi merawat pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit.

"Saya tidak menduga, saya hanya kasih kirim bunga ke rumah sakit hanya mengucapkan selamat saja (Selamat Berjuang Kesatria Medis), mereka bahagianya luar biasa, bahagianya luar biasa," kata Ganjar, Selasa (24/3/2020).

Sebelumnya, Ganjar mengirim karangan bunga ke sejumlah rumah sakit untuk memberi dukungan moral kepada dokter maupun petugas medis lainnya. Mereka berada di garda terdepan merawat pasien, sehingga menjadi pihak yang paling rentan tertular.

"Mereka hari ini semakin tidak bisa bertemu dengan sanak keluarganya," ujar dia.

 korona

"Maka sekarang saya lagi minta perhatian yang dibutuhkan khusus untuk mereka berkaitan dengan aspek kesehatan, alat pelindung diri dan sebagainya termasuk aspek psikologis dan spiritual yang mesti kita berikan dukungan agar mereka semua semangat," beber dia.

Dia menyampaikan, baru saja menerima 10 ribu alat pelindung diri (APD) coverall. Bantuan APD itu didistribusikan kepada 61 rumah sakit di seluruh Jawa Tengah yang menjadi rujukan perawatan pasien Covid-19.

"Langsung tadi malem (Senin 23 Maret) begitu dateng, rumah sakit kurang lebih sudah ada 19 sudah ngambil, dan saya minta ditelefoni semua. Karena APD ada itu bagian dari keayeman perawat, keayeman tenaga medis," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini