Imigrasi Cirebon Beri Izin Tinggal Darurat WNA Terdampak Lockdown

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 25 Maret 2020 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 25 525 2188702 imigrasi-cirebon-beri-izin-tinggal-darurat-wna-terdampak-lockdown-gXt5EaDdgW.jpg Kantor Imigrasi Cirebon. (Foto: Fathnur Rohman/Okezone)

CIREBON – Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Cirebon, Jawa Barat, akan memberikan perpanjangan izin tinggal darurat bagi warga negara asing (WNA) yang tidak bisa pulang ke negaranya akibat adanya kebijakan lockdown.

Seperti diketahui, ada beberapa negara yang telah memberlakukan lockdown. Di antaranya Malaysia, Singapura, dan India. Kebijakan tersebut diambil agar sebaran corona virus disease (Covid-19) di sana tidak semakin luas.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon Mohamad Tito mengatakan pemberian izin tinggal darurat bagi WNA berlaku sampai kebijakan lockdown di negara asalnya berakhir. Sebab ketika suatu negara menerapkan kebijakan lockdown akibat pandemi virus corona, maka tidak ada jadwal penerbangan pesawat ke negara tersebut.

"Ada kebijakan sampai negara tersebut buka. Dari tanggal 5 Februari, kami tidak memberlakukan overstay bagi WNA yang masa izin tinggalnya habis," ujar Tito kepada Okezone, Rabu (25/3/2020).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah memberikan izin tinggal darurat bagi 10 WNA yang ada di Cirebon dan sekitarnya. Mereka tidak bisa pulang ke negaranya karena imbas dari adanya pandemi virus corona.

"Ada 10 WNA yang kami berikan izin tinggal darurat. Izin tinggal darurat ini sampai ada jadwal penerbangan ke negara tersebut," kata Tito.

Ia menyampaikan, guna mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona, Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Cirebon akan menutup sementara waktu layanan pembuatan paspor, terutama perpanjangan dan pembuatan paspor baru.

Pihaknya tetap akan melakukan pelayanan apabila hal itu merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

"Kami hanya melayani yang bersifat mendesak dan darurat saja, seperti kepentingan yang tidak bisa ditunda dan sebagainya," tuturnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini