nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Bali Lockdown 4 Hari Dipastikan Hoaks!

Agregasi Balipost.com, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 244 2189489 kabar-bali-lockdown-4-hari-dipastikan-hoaks-IBA5utOi5F.jpg ilustrasi

BALI – Kabar Pulau Balu bakal di-Lockdown selama 4 hari seperti yang beredar di media soal adalah hoaks. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali.

Menurut Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali, I Gede Pramana, penyebaran berita hoaks ini berawal dari pesan di aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp. Ini dilakukan untuk mencegah kepanikan masyarakat yang berlebihan, di tengah perkembangan kasus positif COVID-19 yang terus berkembang di Bali.

Melalui keterangan persnya, Pramana menjelaskan bahwa berita tersebut beredar diawali screeenshot/capture (memotret layar) dari sebuah portal berita. Kata Pramana, informasi yang beredar tanpa diikuti berita di dalamnya yang lengkap sehingga hal ini menimbulkan persepsi multitafsir oleh masyarakat.

Informasi hoaks juga terkait dengan adanya surat edaran penutupan dari Bupati Gianyar sejak 26 Maret 2020 hingga 28 Maret 2020.

Baca Juga : Pasien Positif Corona 893, Penambahan Terbanyak di DKI Jakarta dan Sulsel

Informasi hoaks berikutnya yakni, kompensasi Rp350 ribu untuk warga yang tinggal di rumah. Kata Pramana, informasi ini lebih kepada joke, lucu, guyon.

Masyarakat diharapkan untuk memilah dan memilih informasi sehingga tidak terperangkap dengan berita hoaks.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini