nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Italia Kibarkan Bendera Setengah Tiang Kenang Korban Meninggal Virus Corona

Medikantyo, Okezone · Selasa 31 Maret 2020 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 18 2191968 italia-kibarkan-bendera-setangah-tiang-kenang-korban-meninggal-virus-corona-8R8SQ9uyva.jpg Bendera setengah tiang dikibarkan untuk mengenang korban meninggal akibat virus corona di Italia. (Foto/Ansa)

ROMA - Italia mengenang seluruh korban meninggal dunia akibat infeksi virus corona (COVID-19) dengan pengibaran bendera setangah tiang, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, tepat pada tengah hari waktu setempat, seluruh warga disarankan mengheningkan cipta selama satu menit penuh, untuk menyampaikan doa serta simbol duka terkait pandemi virus corona.

Baca juga: Presiden Jokowi Terbitkan PP PSBB dan Keppres Darurat Kesehatan Masyarakat

Gerakan ini berlangsung atas inisiatif seluruh kepala daerah terdampak wabah corona di Italia, begitu juga lembaga negara, maupun pebisnis. Langkah mengibarkan bendera setangah tiang juga menjadi ekspresi solidaritas serta dukungan, kepada pekerja bidang medis selama masa tanggap darurat ini, seperti dilansir dari laman ANSA.

"Seluruh wali kota di Italia mengibarkan bendera setengah tiang di depan balai kota masing-masing. Semuanya bergabung bersama pimpinan wilayah Bergamo yang berkabung karena kehilangan banyak warganya akibat pandemi," ujar Wali Kota Bari, Antonio Decaro, dalam unggahan melalui akun media sosial.

Otoritas Vatikan ikut melakukan hal serupa sebagai ungkapan perasaan duka mendalam terhadap penderitaan umat kristiani di Italia maupun dunia. Solidaritas itu ditunjukkan dengan pengibaran bendera Vatikan setengah tiang di seluruh titik wilayah Takhta Suci pada waktu bersamaan.

Infeksi virus corona sudah mengakibatkan 11.591 jiwa melayang di Italia, berdasarkan data terbaru John Hopkins University per Selasa, 31 Maret. Wilayah di sebelah utara termasuk Bergamo yang masuk dalam wilayah otoritas Lombardy, menjadi kawasan asal korban jiwa paling banyak sejauh ini.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini