nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkab Maros Siapkan Wisma untuk Tenaga Kesehatan Penanganan Covid-19

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 02:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 609 2191530 pemkab-maros-siapkan-wisma-untuk-tenaga-kesehatan-penanganan-covid-19-MDx3coJ5UW.JPG Rumah susun yang bakal disulap jadi wisma bagi para petugas medis penanganan pasien Covid-19 (Foto: Okezone.com/Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Sebagai garda terdepan pemutus mata rantai virus corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Tim Gugus Percepatan Penanganan (TGP2) Covid-19 Maros akan mempersiapkan Wisma Tenaga Kesehatan serta sejumlah fasilitas penunjang bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di wilayah itu.

Kebijakan ini merupakan perintah langsung Bupati Maros, Hatta Rahman, setelah pihaknya menetapkan Kabupaten Maros dalam status Waspada pasca tiga warga yang berdomisili di Maros positif Covid-19. Kasus pertama Covid-19 di Maros ditangani langsung oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salewangang.

Juru Bicara TGP2 Covid-19 Maros, dr. Syarifuddin, mengatakan, jika rumah susun yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) itu nantinya bakal disulap menjadi wisma tampat beristirahat bagi tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Maros.

"Rencananya, petugas-petugas kami di rumah sakit terutama yang merawat pasien yang positif dengan PDP kita akan inapkan di sini, kita sudah persiapkan beberapa kamar untuk ditempati. Jadi, tidak perlu lagi pulang ke rumah setelah melayani pasien," kata Syarifuddin saat ditemui Okezone, Senin 30 Maret 2020.

Dia mengungkapkan bahwa wisma bagi tenaga kesehatan itu nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari dalam mendukung dan mencukupi kebutuhan gizi dan kesehatan para tenaga medis.

Wisma Tenaga Kesehatan

"Nanti kita akan lengkapi fasilitas yang dibutuhkan, jadi arahan Bupati Maros bikin standar hotel, seperti springbed, televisi, dispenser, mesin cuci, perlengkapan mandi dan perlengkpan sehari-hari. Untuk kebutuhan gizi, nanti kita akan sistem katering," ungkapnya.

Langkah awal persiapan wisma tenaga kesehatan ini telah dimulai dengan menyiapkan enam kamar pertama yang berada di lantai satu.

"Sementara kita gunakan lantai satu saja, tadi listrik sudah dinyalakan, air sudah mengalir dan kita juga persiapkan sistem kemanan dan petugas kebersihan," ujar Syarifuddin.

"Untuk (layanan) antar jemput kita akan usahakan, nanti kita lihat perkembangannya," tandas dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini